#Kawanlaut, Belawan, Jum’at 21 Mei 2021 Pukul : 14.00 Wib Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan yang diwakili oleh Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut Luderwijk Siahaan ST, M.Sc, Kepala Seksi Bimbingan Usaha dan Jasa Kepelabuhanan Lina Lusiana, S.AP, M.H beserta Staf telah diadakan rapat “Kick Off Meeting Komponen Biaya Jasa Depo Petikemas” melalui aplikasi zoom meeting. Rapat dipimpin oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut yang diwakili oleh Bpk. Agus Nas Kepala Seksi Usaha Jasa Terkait.
Maksud dan tujuan belum tercapainya kesepakatan tarif untuk pelayanan kontainer di depo petikemas mengakibatkan timbulnya tarif yang memberatkan pihak pemberi jasa dan pengguna jasa. Hal ini menjadi dasar diadakannya kajian komponen biaya jasa depo petikemas agar pihak regulator bersama dengan pemberi dan pengguna jasa dapat mencapai kesepakatan tarif bersama yang berlaku di seluruh wilayah di Indonesia.
Kesimpulan rapat adalah berdasarkan laporan dan diskusi yang berkembang dalam rapat, hasil dapat disimpulkan sebagai berikut :
a. Terdapat banyak sekali komponen-komponen yang perlu diperhatikan agar tercapai kesepakatan seperti :
• Jenis Petikemas
• Wilayah Depo
• Jenis Peralatan yang dipakai
• Asuransi / Jaminan
• Upah Pekerja, dll
b. Perlunya konsultan untuk berperan aktif dalam mendapatkan info di lapangan langsung;
c. Usulan tarif yang diberlakukan tentu akan berbeda di setiap wilayah dikarenakan lokasi, jarak tempuh, dan medan yang dilalui;
d. Perlunya peran aktif dari Regulasi, Asosiasi dan pengguna jasa untuk dapat memberikan masukan terhadap tarif yang akan diberlakukan