Unsur-unsur Penting Inovasi Pelayanan Publik
1. Adaptasi/Modifikasi: Tidak harus selalu penemuan baru, tetapi juga bisa berupa penyesuaian dari inovasi yang sudah ada.
2. Peningkatan Kualitas: Mengarah pada perbaikan kualitas dan efektivitas pelayanan publik secara keseluruhan.
3. Keberlanjutan: Mampu dipertahankan dan terus memberikan manfaat dalam jangka panjang.
4. Manfaat: Memberikan keuntungan nyata bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.
5. Kebaruan: Berupa gagasan orisinal atau modifikasi dari ide yang ada, menunjukkan keunikan atau adaptasi.
Tujuan dan Manfaat Inovasi Pelayanan Publik
1. Melayani warga negara sebagai prioritas utama, yang berkontribusi pada peningkatan kepercayaan.
2. Membuat pelayanan menjadi lebih cepat, mudah, murah, dan tepat guna.
3. Memungkinkan pemerintah untuk lebih siap menghadapi perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang terus berubah.
4. Memotivasi aparatur sipil negara (ASN) untuk terus kreatif dalam menciptakan solusi pelayanan publik yang lebih baik.
Inovasi Pelayanan Publik yang sudah berjalan di UPP Kelas III Dabo Singkep
1. Penggunaan aplikasi online atau sistem digital untuk memudahkan Pengguna Jasa & Masyarakat mengakses layanan jasa, seperti Inaportnet, Simkapel. MaritimHub & Pas Kecil Online;
2. Memanfaatkan teknologi seperti G-Drive, G-Form, Spreadsheet dan artificial intelligence untuk meningkatkan pelayanan publik di era digital.