TINGKATKAN KOMPETENSI SOCIAL MEDIA RESPONSE TEAM, DITJEN HUBLA GELAR BIMTEK TIM MEDIA SOSIAL DI YOGYA Rabu, 23 September 2020 | Post by: Admin Portal
TINGKATKAN KOMPETENSI SOCIAL MEDIA RESPONSE TEAM, DITJEN HUBLA GELAR BIMTEK TIM MEDIA SOSIAL DI YOGYA

YOGYAKARTA (23/9) – Sebagai Aparatur Sipil Negara, Kementerian Perhubungan cq.  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dituntut untuk terus menyesuaikan diri, berkembang sesuai dengan kemajuan jaman, memaknai dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi secara positif. Selain itu, juga harus terus mengupgrade ketrampilan dan pengetahuan khususnya dalam memanfaatkan sosial media, sehingga dapat membentuk citra positif Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di mata masyarakat,” demikian dikatakan Dirjen Hubla yang diwakili Kabag TU KSOP Kelas I Panjang, Hari Bowo   saat membuka  Bimbingan Teknis Tim Media Sosial di Yogyakarta, Selasa (22/9).

Terkait dengan hal tersebut, lanjut Hari maka sudah seyogyanya seluruh aparat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berbenah dan meningkatkan diri dalam penyelenggaraan dan pengelolaan informasi melalui media sosial. 

“Untuk itu, maka saya sangat mengapresiasi eksistensi Tim Media Sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Laut atau Social Media Response Team (SMRT) yang terus meningkatkan eksistensinya sejak dibentuk pada tahun 2018” ujar Hari Bowo.

Menurut Hari, ke depan Social Media Response Team (SMRT) memiliki peran sebagai garda terdepan dalam menyampaikan informasi positif dan juga mengcounter informasi negatif terkait kinerja Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Apalagi di masa masih mewabahnya Pandemi Covid-19 ini, peran SMRT menjadi semakin krusial ketika masyarakat Indonesia sedang menjalani masa Adaptasi Kebiasaan Baru, di mana hampir semua kegiatan dilaksanakan secara online.

“Dalam kondisi seperti sekarang ini, tentunya semua mata tertuju ke media komunikasi online, sehingga kita dituntut untuk dapat memberikan informasi secara cepat, tepat dan akurat. Terlebih lagi, untuk tetap menciptakan engagement dan keterkaitan masyarakat, informasi yang kita sampaikan juga harus memiliki kreativitas dan daya tarik yang tinggi” ujar Hari. 

Hari juga mengatakan dalam  menghadapi tuntutan yang semakin tinggi di masa pandemi ini, diperlukan adanya koordinasi dan sinergitas yang cepat, antara SMRT Pusat dan SMRT UPT yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Oleh karena itulah dengan dikukuhkan Koordinator Wilayah Provinsi Tim Media Sosial Ditjen Perhubungan Laut, diharapkan dapat mempercepat komunikasi dan koordinasi antara SMRT UPT dengan Humas Kantor Pusat selaku koordinator, sehingga dapat mempersingkat proses komunikasi dan penyampaian informasi, khususnya ketika terjadi suatu peristiwa atau isu yang membutuhkan respons cepat.

“Tunjukkan komitmen Saudara sekalian untuk menjadi anggota SMRT yang mampu menjadi mata, telinga, dan perpanjangan tangan Kementerian Perhubungan, khususnya Ditjen Perhubungan Laut di garda terdepan, yang bekerja dengan sepenuh hati dalam menyeberluaskan informasi dan kebijakan kepada masyarakat luas” ujar Hari.

Pada kesempatan tersebut, Hari juga mengingatkan bahwa di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, Tim Media Sosial atau Social Media Response Team (SMRT) Ditjen Perhubungan Laut dalam melaksanakan tugasnya harus tetap menjaga dan mematuhi Protokol Kesehatan dalam menjalankan tugas, dengan melaksanakan gerakan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran penularan Covid-19.

Sementara Kepala Bagian Organisasi dan Humas yang diwakili Kasubbag Humas, Benny Sanjaya selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan bahwa  kegiatan Bimbingan Teknis Tim Media Sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun 2020 akan diselenggarakan pada 2 (dua) lokasi yaitu pada hari ini Selasa, tanggal 22 September 2020 bertempat di Kota Yogyakarta dan pada hari Kamis, 24 September 2020 bertempat di Kota Magelang, Jawa Tengah. 

“Pada Acara Bimtek kali ini juga dilakukan kegiatan Pengukuhan Koordinator SMRT Wilayah di tiap tiap provinsi, Pengumuman Pemenang Lomba Video Profil UPT Ditjen Perhubungan Laut, Pemenang Lomba Fotografi, dan Pemberian Penghargaan Kepada Akun Media Sosial UPT Teraktif dan Terbaik Tahun 2020” ujar Benny.

Adapun peserta Bimtek Tim Media Sosial Ditjen Perhubungan Laut adalah seluruh anggota Tim Media Sosial UPT Ditjen Perhubungan Laut (Social Media Response Team /SMRT) di seluruh Indonesia, dengan menghadirkan narasumber Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo secara virtual zoom meeting, Tenaga Ahli Menteri Perhubungan  Komunikasi, Ahmad Thontowi Djauhari dan Praktisi Content Creator, Akhdiat.

  • berita