PATROLI LAUT KPLP SELAMATKAN PENUMPANG PERAHU TENGGELAM DI KOLAKA 25/03 Sabtu, 25 Maret 2017 | Post by: Admin Portal
PATROLI LAUT KPLP SELAMATKAN PENUMPANG PERAHU TENGGELAM DI KOLAKA 25/03

KOLAKA - Kecelakaan laut kembali lagi terjadi di perairan Indonesia. Sebuah long boat dengan rute Kolaka menuju Pulau Padamarang tenggelam di perairan Kolaka, Sulawesi Tenggara Jumat (24/3).

Tenggelamnya Long boat yang membawa 11 orang penumpang tersebut diketahui oleh Unit Penyelenggara Pelabuhan Kolaka yang langsung mengirimkan kapal Patroli KPLP KN.P 5145 ke lokasi dimaksud untuk mengevakuasi korban.

Korban diketahui adalah para penumpang yang ingin berlibur di Tempat wisata/pulau padamarang.
Dalam perjalanan (-+ 4 Mil) dari pelabuhan Kolaka terjadi musibah/tenggelam perahu yang ditumpangi. 

Selain mengirimkan KN.P 5145, UPP Kolaka berkoordinasi dalam pemberian SAR dengan Basarnas, TNI AL, Polsek Kawasan Pelabuhan Kolaka yang mengirimkan perahu karet menuju lokasi.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono telah mendapatkan laporan terhadap kejadian kecelakaan tersebut dan memberikan apresiasi terhadap aksi penyelamatan yang dilakukan Tim SAR dimaksud.

"Kejadian kecelakaan tersebut merupakan bentuk kelalaian terhadap keselamatan pelayaran. Untuk itu, agar tidak terjadi lagi hal demikian, saya meminta agar masyarakat mengutamakan keselamatan pelayaran. Dalam hal ini juga, saya memberikan apresiasi kepada petugas KPLP yang telah memberikan pertolongan sehingga para penumpang seluruhnya dapat diselamatkan," ujar Tonny.

Dirjen Tonny juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada Basarnas, TNI AL, Polri yang turut memberikan penanganan SAR pada kecelakaan tersebut.

Adapun seluruh korban berhasil diselamatkan dan dibawa kembali ke Kolaka dan dilakukan pemeriksaan oleh Tim Medis dan yang terluka di bawa ke RS BG. Kolaka.



  • berita