HARI INI PENGEMBANGAN PELABUHAN SIBOLGA DIMULAI 20/08/2016 Sabtu, 20 Agustus 2016 | Post by: Admin Portal
HARI INI PENGEMBANGAN PELABUHAN SIBOLGA DIMULAI 20/08/2016

(Sibolga). Pada hari ini, 20 Agustus 2016 akan dilaksanakan ground breaking pengembangan Pelabuhan Sibolga oleh Presiden RI Joko Widodo yang disaksikan juga oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. A.Tonny Budiono,MM.

Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla, berkomitmen untuk memprioritaskan pembangunan berbasis kemaritiman dan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia yang tertuang dalam Program NAWA CITA. 

Sebagai upaya nyata untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah melalui implementasi program pembangunan tol laut dengan menyediakan transportasi secara tetap dan teratur dari wilayah Indonesia barat ke wilayah Indonesia timur termasuk dengan melakukan pembangunan dan pengembangan infrastruktur pelabuhan. Salah satu Pelabuhan yang saat ini tengah dikembangkan adalah Pelabuhan Sibolga.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Tonny menyatakan bahwa dengan Pelabuhan Sibolga yang nantinya akan berkapasitas lebih besar, tentu akan membuat masyarakat di Sumatera bagian Barat tidak lagi berpatok dengan Pelabuhan Belawan.

"Hasil alam di sini untuk keluar itu banyak. Sekarang ini kan lebih banyak menggunakan Pelabuhan di Belawan, itu kan enggak efisien. Jadi, dengan adanya Pelabuhan di Sibolga ini di satu sisi ada daya saing produk tentu akan menjadi lebih bagus," jelasnya.​

Sebagai informasi, akan dilakukan rencana pengembangan Pelabuhan Sibolga yang meliputi pembangunan terminal penumpang seluas 500 m2, perpanjangan dermaga ferry, pembangunan breasting dolpin, pengadaan alat bongkar muat (fix craine), pemotongan bukit harek dan reklamasi, perkuatan dermaga, trestle, dan breasting dolphin, penataan perkantoran dan lingkungan,  pembangunan dermaga multi purpose dan terminal petikemas, pengerukan pembangunan jetty curah cair, serta Tank Storage.

Adapun usai peresmian, Presiden dan rombongan akan melakukan peninjauan Dermaga Pelabuhan Sibolga sebelum kembali menuju Bandara dr Ferdinand Lumban Tobing, Kabupaten Tapanuli Tengah, untuk melaksanakan agenda berikutnya.

Dari Bandara dr Ferdinand Lumban Tobing, Presiden dan rombongan kemudian bertolak menuju Bandar Udara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, dengan waktu tempuh 45 menit.

Setelah itu, rombongan kepresidenan akan menuju Desa Parparean, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir dan mengakhiri kunjungannya di provinsi Sumatra Utara.
  • berita