TINGKATKAN PEMAHAMAN PENANGANAN BARANG BERBAHAYA, DITJEN HUBLA-MPA SINGAPORE GELAR WORKSHOP IMDG CODE Senin, 22 Agustus 2016 | Post by: Admin Portal
TINGKATKAN PEMAHAMAN PENANGANAN BARANG BERBAHAYA, DITJEN HUBLA-MPA SINGAPORE GELAR WORKSHOP IMDG CODE
(JAKARTA) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bekerja sama dengan Maritime and Port Authority of Singapore (MPA Singapore) menyelenggarakan Course on Understanding The International Maritime Dangerous Goods(IMDG) Code pada tanggal 22 s.d. 24 Agustus 2016 di Hotel Red Top, Jakarta. Training Course ini merupakan salah satu program pelatihan yang telah disepakati dalam 9th Meeting of DGST-MPA Singapore Training MoU yang diselenggarakan di Singapura pada tanggal 10 s.d. 11 Desember 2016 yang lalu.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Kerjasama Luar Negeri Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Een Nuraini Saidah, dan diikuti oleh sekitar 35 orang peserta. Adapun peserta Training Course ini berasal dari perwakilan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kantor Kesyahbandaran Utama, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) yang memiliki kualifikasi dan bertanggungjawab di bidang keselamatan pelayaran, serta petugas pelabuhan yang menangani inspeksi barang-barang berbahaya.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono, menyampaikan bahwa penyelenggaraan Training Course tersebut bertujuan untuk memberikan panduan pada semua aspek penanganan barang berbahaya dan polutan laut yang meliputi prinsip-prinsip dasar, rekomendasi rinci, praktek operasional penanganan barang berbahaya baik pada klasifikasi, pengepakan, pelabelan, penyimpanan, segregasi, dan penanganan serta tindakan tanggap darurat.

“Saya berharap agar para peserta Training Course dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya sehingga materi yang disampaikan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mereka pada persyaratan dasar dari IMDG Code serta tata cara menjalankannya”, kata Dirjen Hubla.

Lebih lanjut, Dirjen Hubla memberikan apresiasi kepada para pemberi materi dari MPA Singapore atas kontribusinya yang telah bersedia berbagi ilmu dan pengalamannya terkait dengan IMDG Code serta aturan-aturan yang berlaku dalam menangani barang-barang berbahaya.

Adapun narasumber yang memberikan materi pada Training Course ini adalah Mr. Philip Yeodan Mr. Lee Jian Ming. Keduanya merupakan Port Chemist dari MPA Singapore yang selama 3 (tiga) hari akan memberikan pembekalan materi berupa presentasi dan diskusi mengenai gambaran umum IMDG Code dan semua aspek penanganan barang berbahaya dan polutan laut serta amandemen terbaru IMDG Code (Amt 37-14) yang mulai berlaku sejak 1 Januari 2016.​
  • berita