Jumat, 4 Desember 2020

JELANG NATAL TAHUN 2020 DAN TAHUN BARU 2021, TIM PEMERIKSAAN KELAIKLAUTAN KAPAL DITJEN HUBLA UJI PETIK SECARA ACAK TIGA KAPAL PENUMPANG DI PELABUHAN JAYAPURA


Share :
2550 view(s)

JAKARTA (4/12) - Dalam rangka meningkatkan keselamatan pengoperasian sarana angkutan laut jelang libur Natal Tahun 2020 Dan Tahun Baru 2021, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan telah melakukan uji petik secara acak untuk kapal penumpang di Pelabuhan Jayapura, Papua.

Tim pemeriksaan kelaiklautan kapal dipimpin oleh Capt. Diaz Saputra selaku Kepala Sub Direktorat Keselamatan Kapal bersama dengan beberapa anggota Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal (Marine Inspector) Direktorat Perkapalan dan Kepelautan berserta Tim pemeriksaan kelaiklautan kapal dari Kantor KSOP Kelas II Jayapura.

Adapun 3 (tiga) kapal penumpang yang telah dilakukan pemeriksaan oleh tim pemeriksaan kelaiklautan kapal adalah kapal KM Sabuk Nusantara 100, KM Permata Bunda dan KM Cantika Lestari 77 di Pelabuhan Jayapura. Pada kesempatan tersebut tim pemeriksaan kelaiklautan kapal melakukan pengecekan secara detail di tiap aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

“Meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid – 19, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan tetap melaksanakan uji petik di Pelabuhan Jayapura agar para penumpang Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dapat menggunakan kapal-kapal tersebut dengan layak dan aman sesuai,” kata Capt. Diaz di Jakarta hari ini (4/12).

Pelaksanaan uji petik pada 3 (tiga) kapal penumpang di Pelabuhan Jayapura ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor HK.211/5/16/DJPL/2020 tanggal 16 November 2020 tentang Pemeriksaan Kelaikalutan Kapal Penumpang Dalam Rangka Angkutan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Uji Petik dilakukan pada 3 (tiga) kapal penumpang di Pelabuhan Jayapura dengan cara pengecekan secara detail di tiap aspek keselamatan dan keamanan pelayaran tanpa terkecuali agar kapal - kapal penumpang tersebut laiklaut dan aman digunakan oleh para penumpang pada saat Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 sesuai dengan persyaratan kelaiklautan kapal,” tutup Capt. Diaz.

Dari hasil uji petik yang dilakukan oleh tim pemeriksaan kelaiklautan kapal pada 3 (tiga) kapal penumpang di Pelabuhan Jayapura dinyatakan dalam kondisi masih memenuhi aspek kelaiklautan kapal untuk angkutan natal tahun 2020 dan tahun baru 2021.

  • berita




Footer Hubla Branding