Jumat, 13 November 2020

DITJEN HUBLA TURUT BERPARTSIPASI GELAR BAKTI SOSIAL DAN GERAKAN PEDULI KESELAMATAN PELAYARAN


Share :
2992 view(s)

CILACAP (13/11) - Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Cilacap turut berpartisipasi dalam kegiatan Bakti Sosial dan Peduli Keselamatan Pelayaran yang diselenggarakan oleh segenap unsur maritim dan stakeholder di Pelabuhan Cilacap pada hari Kamis (12/11).

Kegiatan yang dikoordinasikan oleh KSOP Kelas II Cilacap tersebut diselenggarakan di Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap dan dihadiri oleh Anggota Komisi V DPR RI, Ibu Hj Novita Wijayanti dengan melibatkan Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Perwakilan DPRD Kabupaten Cilacap, Distrik Navigasi Kelas II Cilacap, Lanal Cilacap, Bea dan Cukai Cilacap, Polsek KSKP Tanjung Intan, Satuan Polair Polres Cilacap, PPSC Cilacap, Basarnas Kabupaten Cilacap, dan Pelindo III Cabang Jawa Tengah. 

Kepala Kantor KSOP Kelas II Cilacap, Capt. Purgana mengungkapkan, bahwa untuk menunjang kegiatan tersebut,  Kementerian Perhubungan Cq. Ditjen Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) memberikan bantuan  alat keselamatan pelayaran berupa lifejacket dan juga alat perlindungan kesehatan berupa masker kepada masyarakat maritim dan para nelayan di sekitar wilayah kerja KSOP Kelas II Cilacap.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas, Junaidi, untuk mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Laut sekaligus sebagai Koordinator Wilayah Kerja Pelabuhan Provinsi Jawa Tengah.

Junaidi menyampaikan, bahwa menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran adalah prioritas utama yang wajib dipatuhi oleh semua pihak, salah satu caranya adalah dengan memakai selalu lifejacket dan alat keselamatan pelayaran lainnya selama berada di atas kapal.

“Selain itu, mengingat saat ini sedang masa Pandemi COVID-19, tentunya tidak kalah penting untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan, mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker,” tukas Junaidi.

Lebih lanjut, Junaidi menegaskan kepada para pemilik kapal bahwa selama berlayar, kapal wajib untuk memenuhi dokumen kapal dan alat keselamatan pelayaran sesuai peraturan yang berlaku.

“Saya sampaikan apresiasi saya kepada seluruh pihak yang turut perduli dan berperan aktif dalam mewujudkan keselamatan pelayaran, yang merupakan tanggung jawab kita bersama,” tutup Junaidi.

Pada kesempatan tersebut Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Anggota DPR Komisi V, Ibu Novita yang ikut peduli dan menaruh perhatian terhadap keselamatan pelayaran.
 

  • berita




Footer Hubla Branding