Jumat, 10 Januari 2020

OP TANJUNG PRIOK AJAK STAKEHOLDER BERSIH-BERSIH LINGKUNGAN PELABUHAN


Share :
2536 view(s)

JAKARTA (10/1) – Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (OP) mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok yang melibatkan instansi Pemerintah dan stakeholder di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (10/1). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mewujudkan kecintaan pada lingkungan serta sebagai tindak lanjut dari komitmen bersama dalam melaksanakan Deklarasi Penerapan Konsep Pelabuhan Berwawasan Lingkungan pada tanggal 20 November 2019 lalu.

Kegiatan bersih lingkungan pelabuhan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Priok, Jece Julita Piris. Adapun lokasi yang dibersihkan di antaranya Jalan Palmas, Jalan Pasoso, Jalan Pabean, Jalan Padamarang, Jalan Raya Sulawesi, dan Jalan Banda.

Dalam sambutannya, Jece menyampaikan bahwa kebersihan harus dimulai dari diri masing-masing individu, lalu kebersihan lingkungan kerja sampai dengan lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai tempat melaksanakan aktivitas dan pelayanan sehari-hari.

“Kebersihan lingkungan harus menjadi budaya dalam diri kita maupun di lingkungan kerja. Untuk itu dimulai pagi ini, mari kita laksanakan bersih-bersih lingkungan pelabuhan secara bersama-sama dan bergotong-royong dengan penuh semangat,” ujar Kepala OP.

Menurut Jece, kegiatan bersih lingkungan pelabuhan ini merupakan salah satu penerapan konsep ecoport di Pelabuhan Tanjung Priok, juga kegiatan perlindungan lingkungan, penggunaan bahan ramah lingkungan, pengurangan limbah (sampah), konservasi energi, serta antisipasi perubahan iklim melalui penggunaan energi baru dan terbarukan. 

“Penerapan konsep ecoport memerlukan perubahan kebiasaan dan kepedulian setiap individu dalam menjaga kebersihan dan mengurangi sampah plastik di lingkungan pelabuhan. Perubahan tersebut juga memerlukan sinergitas semua pihak-pihak yang ada di pelabuhan," jelasnya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap seluruh pihak terkait yang telah mendukung kegiatan tersebut.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung kegiatan bersih lingkungan pelabuhan ini. Saya harap kegiatan ini dapat terselenggara setiap bulan,” tutup Jece.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan instansi pemerintah serta stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok di antaranya Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok, Kepala Kepolisian Resort Pelabuhan Tanjung Priok, Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok, PT. Pelindo II (Persero), PT. Pelni (Persero) Tanjung Priok, PT. Metito, PT. Jakarta International Container Terminal,  PT. PTP, KSO TPK Koja,  PT. IPC TPK, dan PT. Pesaka Kirana Loka.

Turut hadir pula perwakilan dari beberapa asosiasi yaitu Koperasi TKBM Karya Sejahtera, INSA JAYA, Aptrindo DKI Jakarta, Ketua DPW APBMI DKI Jakarta. 

  • berita




Footer Hubla Branding