Minggu, 28 Oktober 2018

DITJEN HUBLA TERBITKAN 35 SERTIFIKAT KESELAMATAN KAPAL SPEED BOAT YANG BEROPERASI DI SUNGAI MUSI


Share :
5170 view(s)

PALEMBANG (28/10) - Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Palembang terus meningkatkan keselamatan pelayaran.

"Marine Inspector KSOP Palembang telah melaksanakan pengukuran untuk sertifikasi Pas Sungai dan Danau yang beroperasi di Sungai Musi, Palembang Sumatera Selatan secara gratis.Tercatat sudah ada 35 sertifikat speed boat dan 3 sertifikat perahu jukung dikeluarkan oleh KSOP Palembang," ujar Kepala Kantor KSOP Kelas I Palembang, Capt. Mugen Sartoto hari ini (28/10).

Adapun pelayanan tersebut dilakukan bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang dan Dishub Provinsi Sumsel.

Proses pengukuran dan sertifikasi kapal-kapal speed boat dan kapal Jukung di Sungai Musi Sumatera Selatan akan terus diberikan secara gratis ke masyarakat.

"Selama ini ada puluhan kapal speed boat dan kapal jukung yang beroperasi di Sungai Musi Palembang. Kapal tersebut beroperasi dan melayani masyarakat serta wisatawan yang berkunjung di daerah ini. Dengan layanan pengukuran dan sertifikasi kapal-kapal di Sungai Musi ini, diharapkan bisa memberikan jaminan pelayanan dan keselamatan makin tinggi,” tegas Capt. Mugen.

Sementara itu, KSOP Palembang bersama stakeholder di lingkungan Pelabuhan Palembang akan melaksanakan Diklat Pengemudi Angkutan Sungai dan Danau secara gratis. Saat ini tercatat ada 76 orang siap mengikuti diklat ini.

“Diklat ini akan dilaksanakan bekerja sama dengan BP2IP Malahayati Aceh dan akan dilaksanakan di Kampus BP2TD Palembang,” kata Capt. Mugen. 

Hingga hari Jumat (26/10) tercatat telah didaftar sebanyak 76 orang yang berminat mengikuti diklat pengemudi kapal sungai dan danau tersebut.

“Sesuai rencana, kegiatan sertifikasi pas sungai dan danau di Sungai Musi akan dilaksanakan hingga bulan Desember 2018,” papar Capt. Mugen.

Dengan harapan, tambah dia, pada tahun 2019 kapal-kapak yang melakukan aktifitas di Pelabuhan Boom Baru Palembang tersertifikasi dan laik laut.
WhatsApp Image 2018-10-28 at 09.20.36.jpeg
Sebagai informasi, untuk meningkatkan keselamatan pelayaran di sungai musi, salah satunya adalah dengan melakukan sertifikasi bagi semua jenis dan ukuran kapal yang berlayar di sungai musi dari dan ke hulu sampai hilir.

Terdapat beberapa jenis kapal yang melayari sungai musi, yaitu kapal speed boat dengan berbagai jenis, ukuran dan besarnya mesin yang dipergunakan, dan biasanya dipergunakan untuk mengangkut penumpang. Dari data yang diperoleh dari Dishub Kota Palembang diperoleh data bahwa jumlah speed boat pada tahun 2017 berjumlah 20 unit dengan daya mesin 200 PK,  28 unit (400 PK) dan 130 unit (40/85 PK).

Adapun total keseluruhan kapal speed boat yang beroperasi di Sungai Musi mencapai 178 unit dan untuk kapal motor Jukung terdata di Dishub Provinsi Palembang sebanyak 289 unit.


  • berita




Footer Hubla Branding