Rabu, 20 Juni 2018

1.689 ORANG PENUMPANG ARUS BALIK MUDIK GRATIS DENGAN KAPAL DIANGKUT KM. DOBONSOLO DARI TANJUNG EMAS SEMA


Share :
2158 view(s)

​SEMARANG (20/6) –Hari ketiga pemberangkatan arus balik  Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal, sebanyak 1.689  penumpang dan 739 sepeda motor telah diberangkatkan dengan KM. Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Tanjung Priok Jakarta. 

Pelepasan KM. Dobonsolo oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid  merupakan yang kedua kalinya bagi KM. Dobonsolo dimana tanggal 18 Juni 2018 lalu KM. Dobosolo juga telah mengangkut  ribuan penumpang arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal. 

“Sore ini untuk kedua kalinya KM. Dobonsolo, milik PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PT. PELNI) diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang melayani peserta arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang” kata Abdul Wahid di Dermaga Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. 

Menurut Abdul Wahid, hingga H+4 Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018,  kegiatan pelepasan arus balik peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal tahun 2018 telah berjalan lancar dan sukses. Bahkan kuota mudik gratis sepeda motor dengan KM. Dobonsolo  telah mencapai 95 persen untuk arus balik.

"Kondisi ini tentunya menunjukkan bahwa animo masyarakat untuk memanfaatkan angkutan laut meningkat. Sebab mudik dengan kapal laut selain lebih aman dan nyaman, dalam perjalanannya para pemudik dapat memanfaatkan semua fasilitas diatas kapal secara gratis bahkan  berkesempatan mendapat hadiah langsung diatas kapal,” ujar Ahmad Wahid. 

Menurutnya, seperti yang diberitakan sebelumnya pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyediakan 16 kapal untuk terus melayani dan mengangkut arus balik peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal setiap hari mulai tanggal 18 sampai dengan 22 Juni 2018 dari Semarang tujuan Jakarta. 
IMG-20180620-WA0079.jpg
Untuk itu, Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut masih membuka program mudik gratis untuk arus balik ke Jakarta dengan kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Mas di Semarang.

"Ayo, segera daftarkan. Masih ada slot tersedia dengan keberangkatan melalui Posko mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada tanggal 19, 20, 21 dan 22 Juni 2018," tutup Wahid.

Sebagai informasi, data Posko Angkutan Laut Lebaran 2018, hingga H+4 Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018, kuota mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan telah mencapai di atas 75 persen untuk arus balik.

Pada tahun ini Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan 16 unit kapal yang siap melayani mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dan sebagian diantaranya merupakan kapal baru milik Kementerian Perhubungan. 

Adapun 16 unit kapal tersebut terdiri dari 1 unit kapal KM. Dobonsolo, 10 unit kapal Perintis Sabuk Nusantara tipe GT 2000 dan GT 1200 serta 5 unit kapal pengangkut sepeda motor dengan total kapasitas sebanyak 7600 unit sepeda motor.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan akan memantau terus dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang akan kembali ke Jakarta setelah merayakan Lebaran di kampung halaman.

Adapun cara mendaftar sebagai peserta mudik gratis dengan kapal untuk arus balik adalah dengan cara mendaftar langsung ke Posko Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut yang berada di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mulai tanggal 17 Juni 2018 dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB dengan membawa dokumen pendukung berupa KTP,  KK dan STNK. 

Sedang untuk memantau informasi mudik gratis sepeda motor dengan kapal untuk arus balik dapat dilihat melalui portal dan akun resmi medsos Ditjen Hubla yaitu https://hubla.dephub.go.id atau melalui Twitter/Facebook/Instagram: @djplkemenhub151 dan Hotline Service di Nomor Telepon : 081298802017 dan 082299052018.


  • berita




Footer Hubla Branding