Sabtu, 23 Juni 2018

TOTAL 7.141 PEMUDIK SEPEDA MOTOR GRATIS DENGAN KAPAL TAHUN 2018 TIBA DI JAKARTA


Share :
2102 view(s)

JAKARTA (23/6) – Sejak dimulainya arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut pada (18/6) hingga hari ini (23/6), sebanyak total 7.141 penumpang dan 3.097 unit sepeda motor telah tiba di Jakarta.

Adapun sebanyak 2.936 pemudik dan 1.282 unit sepeda motor tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pagi ini (23/6) dengan kapal terakhir yang mengangkut pemudik gratis sepeda motor di tahun 2018.

"Hari terakhir (22/6) pelaksanaan arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal dari Tanjung Emas Semarang ke Tanjung Priok Jakarta,  Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengerahkan 7 (tujuh) unit kapal untuk mengangkut pemudik arus balik," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo di Jakarta hari ini (23/6).

Adapun ketujuh kapal tersebut  terdiri dari 4 unit kapal perintis yaitu KN. Sabuk Nusantara 86, 87, 99 dan 107 yang mengangkut 1.406 orang penumpang arus balik peserta mudik,  2 unit Kapal ternak yaitu KN. Camara Nusantara 05 dan 06 yang mengangkut 634 unit sepeda motor. Sementara itu, 1 unit kapal yakni KM. Dobonsolo mengangkut 1.530 orang penumpang dan 648 unit sepeda Motor dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Jakarta.

" Dengan tibanya 7 unit kapal dari Pelabuhan Tanjung Emas hari ini merupakan kapal-kapal terakhir untuk program arus balik mudik gratis dengan kapal yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan pada lebaran 2018," ujar Dirjen Agus.
IMG-20180623-WA0084.jpg
Dirjen Agus menyampaikan apresiasi kepada semua pihak baik para petugas di lapangan yang telah bekerja keras tanpa kenal lelah maupun masyarakat yang telah memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal tahun ini.

Kondisi ini tentunya sangat menggembirakan dan menunjukan keseriusan Pemerintah dalam membantu masyarakat yang melakukan perjalanan mudik agar selamat sampai ke kampung halaman. 

"Atas nama Pemerintah kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat yang telah memanfaatkan program mudik gratia ini. Hal ini menunjukan bahwa semakin membaiknya pemahaman masyarakat yang ingin mudik dengan aman, selamat, tertib dan nyaman dengan menggunakan kapal laut dibanding melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor di jalan raya,” ujar Dirjen Agus. 

Sementara itu,  Direktur Lalu lintas dan Angkutan Laut,  Chandra Irawan mengatakan hingga hari terakhir program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2018 yang telah berakhir hari ini (23/6), data posko mencatat 16.593 orang pemudik dan 7.264 unit sepeda motor telah ikut serta dalam program mudik gratis dengan kapal laut tahun 2018.

"Untuk jumlah penumpang dan sepeda motor terbanyak yang memanfaatkan program arus balik mudik gratis  adalah pada hari ini yang mencapai 2.936 orang dan 1.282 unit sepeda motor," ujar Chandra.

Chandra juga menjelaskan bahwa pelaksanaan program mudik gratis ini sesuai dengan target yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan dan sebagaimana arahan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi beberapa waktu yang lalu, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut akan terus dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya.
IMG-20180623-WA0085.jpg
"Sesuai arahan Menteri Perhubungan dan melihat peningkatan jumlah pemudik yang memanfaatkan program mudik gratis dengan kapal laut dari tahun sebelumnya serta tingginya animo masyarakat maka tahun depan program serupa akan disiapkan kembali tentunya dengan sejumlah perbaikan pelayanan dan terobosan-terobosan inovatif agar masyarakat yang memanfaatkan mudik gratis dengan kapal laut dapat terlayani dengan baik sesuai slogan Ditjen Perhubungan Laut, Pastinya! (Pelayaran Aman Selamat Tertib dan Nyaman)," tutup Chandra.


  • berita




Footer Hubla Branding