Kamis, 21 Februari 2019

UJI COBA SANDAR KAPAL DI PELABUHAN TANJUNG MOCOH KEPRI BERJALAN LANCAR


Share :
4065 view(s)

TANJUNG PINANG (21/2) - Uji coba sandar kapal di Pelabuhan Tanjung Mocoh yang terletak di Pulau Dompak Tanjung Pinang Kepulauan Riau hari ini (21/2) berjalan dengan lancar.


Dua kapal negara yaitu KN. Jadayat milik Disnav Kelas I Tanjung Pinang dan KNP. Rantos milik Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban berhasil sandar di dermaga PelabuhanTanjung Mocoh dengan lancar dan secara simbolis Direktur Kepelabuhanan, M. Tohir mengalungkan bunga sebagai simbol selamat datang kepada Nakhoda KN. Jadayat, Capt. Budi Suratman dan Nakhoda KN. Rantos, Capt. Darmawan yang telah berhasil melakukan uji coba sandar kapal pada fasilitas pelabuhan Tanjung Mocoh dengan selamat dan aman.

Demikian yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Tanjung Pinang, Aprianus Hangki usai uji coba sandar kapal di Pelabuhan Tanjung Mocoh pada hari ini (21/2).
WhatsApp Image 2019-02-21 at 14.19.53.jpeg
Menurut Hangki, sebelum uji coba sandar kapal di Pelabuhan Tanjung Mocoh dan guna menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran bagi kapal yang akan melakukan uji coba sandar kapal, telah dilakukan survei alur masuk pelabuhan Tanjung Mocoh dan penempatan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran oleh Tim  Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang.

"Pelabuhan rencananya akan dimanfaatkan untuk general cargo ini," ujar Hangki.

Hangki mengatakan bahwa untuk saat ini panjang dermaga yaitu 70 meter x 12 meter dan untuk jangka pendek, panjang dermaga akan menjadi 84 meter dengan lebar 12 meter dan kapasitas sandar maksimum sebesar 3000 DWT.

"Setelah ini kami akan mengevaluasi, memasang lampu dan fasilitas pendukung dan mengusulkan izin operasional," ujar Hangki.

Nantinya, Pelabuhan Tanjung Mocoh ini dapat menunjang perekonomian nasional khususnya perekonomian masyarakat di wilayah sekitar pelabuhan Tanjung Mocoh.

Turut hadir dalam acara uji coba dimaksud adalah perwakilan dari Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut, Inspektorat Jenderal, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kepolisian, Kejaksaan Tinggi dan Negeri, TNI AL, Badan Pengusahaan Kawasan Bintan Wilayah Batam, perusahaan pelayaran, perusahaan bongkar muat, pelaku usaha yg berinvestasi di wilayah Dompak dan Mocoh, PT. Pelindo I dan BUP Pemda serta stakeholder terkait.


  • berita




Footer Hubla Branding