Selasa, 16 Juli 2019

TINGKATKAN SINERGI DENGAN STAKEHOLDER DAN MEDIA, OP UTAMA BELAWAN GELAR FORUM KEHUMASAN


Share :
3000 view(s)

MEDAN (16/7) - Guna membangun humas yang berperan aktif dalam memberikan informasi terhadap berbagai arahan kebijakan dan mampu bersinergi dengan semua pihak, Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Belawan menggelar Forum Kehumasan dengan tema "Humas yang Partisipatif dalam rangka Membangun Sinergi dengan Stakeholders dan Media" di Hotel Four Points by Sheraton Medan, Selasa (16/7).

Acara dibuka oleh Kepala Kantor OP Utama Belawan Jece Julita Piris dan dihadiri perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Perhuhungan, instansi terkait, stakeholder dan pengguna jasa serta media.
WhatsApp Image 2019-07-16 at 14.21.36.jpeg
Dalam sambutanya, Jece mengatakan bahwa Forum Kehumasan sangat dibutuhkan dalam rangka koordinasi dan kerjasama antar Humas Lembaga Pemerintah, BUMN, swasta maupun media guna meningkatkan peranan dan fungsi instansi Pemerintah dalam kelancaran arus informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Oleh karenanya, OP Utama Belawan berinisiatif membentuk Forum Kehumasan sebagai wadah bertukar informasi antar stakeholder di Pelabuhan Belawan," ujar Jece saat membuka acara.

Menurutnya, Humas juga harus dapat mengelola informasi pemerintah yang disampaikan ke publik serta mensinergikan setiap lini sehingga dapat mencapai sasaran. Karena tanpa adanya sinergi, banyak yang dilakukan pemerintah tidak terkomunikasi ke publik dengan baik.

"Hal penting lain yang harus dimiliki humas ialah profesionalisme dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang pada akhirnya mampu membentuk opini dan citra yang positif," kata Jece.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor OP Utama Belawan juga berkesempatan menyampaikan materi tentang Sosialisasi Rencana Pelaksanaan Aplikasi Sistem Penyandaran Kapal di Pelabuhan Belawan atau SIPARIBAN.

Aplikasi Sipariban adalah suatu sistem yang akan dibuat untuk membantu proses penyandaran kapal dengan cara menarik data spesifikasi kapal dari PPK Inaportnet secara otomatis untuk penetapan kapal yang akan bersandar di terminal-terminal di Pelabuhan Belawan sesuai dengan fasilitas dermaga dan alat bongkar muat yang tersedia.

"Aplikasi Sipariban juga akan memberikan informasi terkait posisi sandar kapal di Pelabuhan Belawan, spesifikasi dermaga, bahkan informasi terkait waiting time dan berthing time di Pelabuhan Belawan secara akurat yang merupakan bentuk keterbukaan publik Kantor OP Utama Belawan," jelas Jece.
WhatsApp Image 2019-07-16 at 14.21.37.jpeg
Adapun narasumber pada Forum Kehumasan ini antara lain Bambang S. Ervan selaku Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Teknologi Informasi dan Kehumasan yang menyampaikan materi tentang Sinergitas Humas sebagai Penghubung Pemerintah dengan Stakeholder dan Masyarakat.

Kemudian Bambang Wijonarko, Kepala Bagian Publikasi dan Pelayanan Informasi Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan dengan materi Hak dan Kewajiban Pemohon Informasi dalam Keterbukaan Informasi Publik, Abyadi Siregar dari Ombusman RI yang menyampaikan materi Pengendalian Gratifikasi Menuju Pelayanan Publik Bersih dan Transparan serta dari BPC Perhumas Medan.


  • berita




Footer Hubla Branding