Jumat, 3 Mei 2019

JELANG ANGKUTAN LAUT LEBARAN 2019, KSOP TARAKAN CEK KELAIKLAUTAN KAPAL PENUMPANG


Share :
2303 view(s)

TARAKAN (3/5) - Jelang angkutan laut Lebaran, seluruh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) tingkatkan kegiatan uji petik, tak terkecuali di Tarakan, Kalimantan Utara.


KSOP kelas III Tarakan kembali melakukan uji petik guna pemeriksaan kelaiklautan kapal dalam rangka mendukung kelancaran, keselamatan dan keamanan pelayaran agar para pemudik yang akan melakukan mudik melalui jalur laut daat menggunakan trnsportasi yg aman, nyaman dan selamat.
IMG-20190503-WA0102.jpg
"Uji petik ini kami lakukan sejak kemarin (2/5). Sebelumnya juga kami laksanakan di Sabtu (27/4) lalu. Mengingat banyaknya transportasi laut jenis speed boat membuat kami harus membagi waktu untuk menyelesaikan pemeriksaan sebelum masuk bulan Ramadhan," jelas Kepala Kantor KSOP Tarakan yang diwakili oleh Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli, Syaharuddin di Tarakan, Jumat (3/5/2019).

Dalam pemeriksaan ini pihaknya mengingatkan agar menggunakan perlengkapan keselamatan kapal yang terbaik.

"Kami mengamankan beberapa life jacket dan life buoy karena dianggap sudah tidak layak lagi digunakan ketika terjadi keadaan darurat. Kami menyampaikan kepada pemilik agar segera melakukan pergantian alat-alat keselamatan yang sudah dianggap tidak layak pakai untuk alasan keselamatan," ungkapnya.
IMG-20190503-WA0099.jpg
Kedepan pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dishub Provinsi Kaltara dan Kesehatan Pelabuhan untuk melakukan tes kesehatan dan alkohol bagi para awak kapal guna memastikan para awak kapal dalam kondisi sehat jasmaninya. 

"Tidak menutup kemungkinan kami juga akan melaksanakan tes narkoba yang dikoordinir oleh Dishub Prov Kaltara dan BNN Provinsi Kaltara," tutur dia.

Upaya ini dilakukan dalam rangka menciptakan keselamatan dan keamanan bagi para awak kapal dan penumpang yang akan melakulan mudik dan sebaliknya pada saat arus balik.


  • berita




Footer Hubla Branding