Rabu, 18 Oktober 2017

OPTIMALISASI PERAN KENAVIGASIAN, KEMENHUB GELAR RAKORNIS KENAVIGASIAN


Share :
2945 view(s)

B A N D U N G  (18/10) – Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kenavigasian kembali menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis Kenavigasian Tahun 2017 guna mengevaluasi sekaligus mengkonsolidasikan semua kegiatan dan permasalahan di bidang kenavigasian. 

Rakornis yang dihelat selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 18 s.d. 20 Oktober 2017 bertempat di Hotel Holiday Inn Pasteur Bandung mengangkat tema “Dengan Semangat Guyub Rukun Kenavigasian Kita Tingkatkan Keselamatan dan Keamanan Pelayaran di Perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”


Dalam sambutan, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang dibacakan oleh Direktur kenavigasian, I Nyoman Sukayadnya mengatakan bahwa segenap jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, tidak terkecuali Direktorat Kenavigasian memiliki tanggung jawab dan peran penting dalam mewujudkan terselenggaranya keselamatan pelayaran di seluruh perairan Indonesia, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. 


“Kita semua memiliki tanggung jawab besar dalam menjamin terselenggaranya keselamatan pelayaran yang tentunya sejalan dengan program pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” ujar Bay dalam sambutannya.
IMG-20171018-WA0017.jpg

Bay menambahkan, bahwa penyelenggaraan sistem transportasi laut yang aman dan selamat juga dapat mendukung terselenggaranya program Tol Laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, yang tentunya dapat memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari Barat sampai ke Timur dengan meningkatkan daya saing produk nasional melalui penurunan biaya logistik.


Namun demikian, Bay mengatakan bahwa penyelenggaraan sistem transportasi laut yang aman dan selamat tidak dapat diwujudkan tanpa kerjasama dan koordinasi yang baik.

 “Seluruh jajaran kenavigasian harus bersinergi dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis untuk dapat menghasilkan kinerja yang optimal,” tegas Bay.


Sementara itu, Direktur Nyoman mengatakan bahwa pemilihan tema “Dengan Semangat Guyub Rukun Kenavigasian Kita Tingkatkan Keselamatan dan Keamanan Pelayaran di Perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia" pada Rakornis Kenavigasian Tahun 2017 ini dianggap sangat tepat.


Direktur Kenavigasian, I Nyoman Sukayadnya, juga menegaskan bahwa penyelenggaraan transportasi laut yang aman dan selamat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang tentang Pelayaran adalah agenda prioritas pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia.

Pemerintah telah melaksanakan berbagai program untuk mempertegas kedaulatan Indonesia di wilayah NKRI, menghadirkan kembali pemerintah di segenap unsur kehidupan berbangsa dan bernegara, serta membangun indonesia hingga ke wilayah-wilayah perbatasan dan terpencil. 


Terkait dengan tugas ini, tugas dan tanggung jawab jajaran Direktorat Kenavigasian tentunya akan semakin besar, terutama  dalam menjamin tersedianya serta terselenggaranya sarana dan prasarana keselamatan pelayaran, mulai dari penataan alur pelayaran dan sistem perlintasan yang aman dan ekonomis, penyediaan sarana bantu navigasi pelayaran yang cukup dan handal dengan dukungan armada dan pangkalan yang senantiasa beroperasi secara optimal, hingga penyelenggaraan telekomunikasi pelayaran dan komunikasi marabahaya pelayaran, manajemen lalu-lintas kapal, serta long range identification and tracking system (LRIT) sesuai ketentuan internasional yang disahkan oleh International Maritime Organization (IMO).
IMG-20171018-WA0016.jpg

“Untuk dapat memenuhi tanggung jawab tersebut, mutlak diperlukan dedikasi yang tinggi dari segenap jajaran kenavigasian, baik di kantor pusat maupun di daerah, khususnya di lingkungan instalasi kenavigasian yang tersebar di seluruh Indonesia hingga ke wilayah-wilayah terpencil,” tegas Nyoman.


“Selain itu, peningkatan kemampuan dan pembinaan SDM di bidang Kenavigasian juga sama pentingnya dalam mewujudkan keselamatan pelayaran,” tambah Nyoman.


Nyoman berharap melalui Rapat Koordinasi Kenavigasian Tahun 2017 ini para petugas di jajaran Direktorat Kenavigasian dapat menimba banyak ilmu dan manfaat terkait substansi kenavigasian serta meningkatkan koordinasi di antara petugas kenavigasian sehingga dapat menciptakan sinergi yang utuh dan terpadu di seluruh wilayah tanah air. 


Sebagai salah satu rangkaian penyelenggaraan Rakornis Kenavigasian Tahun 2017, jajaran kenavigasian di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali menyelenggarakan Festival Film Kenavigasian seperti tahun-tahun sebelumnya. Festival ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan semangat dan motivasi penyelenggaraan kenavigasian di Indonesia. 


“Film-film yang diputar pada Festival Film Kenavigasian diharapkan dapat menggambarkan pentingnya peran kenavigasian dalam menunjang keselamatan dan keamanan pelayaran kepada masyarakat umum,” tutup Nyoman. 



  • berita




Footer Hubla Branding