Jumat, 9 September 2016

SAMBUT IDUL ADHA, DIRJEN HUBLA INSTRUKSIKAN SELURUH UPT FOKUS PADA PENGAWASAN KESELAMATAN PELAYARAN


Share :
2775 view(s)

JAKARTA - Dalam rangka menghadapi libur panjang terkait perayaan Hari Raya Idul Adha 12 September 2016 mendatang, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Ir. A. Tonny Budiono, MM, mengeluarkan instruksi kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) agar tetap fokus pada pengawasan keselamatan dan pengamanan pelayaran.

Instruksi tersebut tertuang dalam surat tertanggal 6 September 2016 dengan nomor surat: UM008/64/6/DJPL-16 Tentang Pelaksanaan Pelayanan Publik Serta Pengawasan Terhadap Aspek Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Pada Libur Hari Raya Idul Adha 1437 H.

Melalui surat tersebut Dirjen Hubla menginstruksikan agar seluruh UPT di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut agar tetap memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dan melakukan pengawasan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran selama hari libur nasional tersebut.

Terkait hal itu, kepada para kepala UPT diminta membuat dan melaksanakan jadwal piket pegawai di masing-masing lingkungan kerjanya. Kemudian melaporkan berbagaai kegiatannya kepada Dirjen Hubla dalam kesempatan pertama. 

Dirjen Tonny mengatakan, selain mengeluarkan surat instruksi tersebut, pihaknya tidak melakukan persiapan khusus terkait dengan angkutan laut Idul Adha, mengingat tidak ada lonjakan penumpang yang signifikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, pengawasan dan pengamanan keselamatan pelayaran telah berjalan secara reguler dan kontinyu.

"Termasuk kegiatan ramp chek kelaiklautan kapal juga telah dilaksanakan secara rutin," kata Dirjen Tonny. 

Dirjen Tonny memastikan kepada masyarakat dan pengguna jasa bahwa pelayanan di setiap pelabuhan penumpang berjalan seperti biasa dan sesuai jadwal yang ditentukan.

"Persiapan khusus baru akan kami lakukan pada musim angkutan laut Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, sebagaimana kami lakukan juga pada angkutan laut Lebaran Idul Fitri 2016 yang lalu," kata Dirjen Tonny. 

Dirjen Tonny mengimbau agar masyarakat yang pergi berlibur dan merayakan Idul Adha di kampung halaman dengan menggunakan moda transportasi laut agar tetap hati-hati dan waspada, serta lebih mengutamakan keselamatan. Perhatian betul-betul arahan petugas di lapangan. Kepada nakhoda, Dirjen Hubla berpesan agar jangan mengabaikan prakiraan cuaca dari intansi berwenang seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Jangan memaksakan berangkat dan berlayar kalau risiko keselamatannya sangat besar. Utamakan keselamatan pelayaran diatas segala-galanya tanpa kompromi apapun," ujarnya.

Pada kesempatan ini Dirjen Tonny menyampaikan selamat berlibur dan merayakan Idul Adha 2016/1437 H.​
  • berita




Footer Hubla Branding