Rabu, 17 Desember 2014

PELANTIKAN PEJABAT ADMINISTRATOR DAN PEJABAT PENGAWAS DI LINGKUNGAN DITJEN HUBLA


Share :
5132 view(s)

​Jakarta - Sebagai salah satu bagian upaya penyegaran organisasi dan peningkatan kinerja, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyelenggarakan acara Pelantikan Pejabat Struktural Eselon III, IV, dan V di Ruang Mataram Kantor Pusat Kementerian Perhubungan pad tanggal 17 Desember 2014. Pejabat  yang dilantik terdiri dari 41 orang Pejabat Eselon III serta 275 orang Pejabat Eselon IV dan V yang akan ditempatkan di Kantor Pusat maupun UPT di daerah.

Acara pelantikan semacam ini merupakan peristiwa yang biasa dan rutin terjadi dilakukan di lingkungan kantor pemerintahan, baik pusat maupun daerah. Demikian pula bagi kita di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, hal ini bukan merupakan hal yang baru dan bukan pula hal yang mengejutkan. Peristiwa semacam ini adalah suatu rangkaian yang harus terjadi, terutama bagi para pejabat yang sudah menduduki posisi tertentu selama lebih dari 3 (tiga) tahun.

dalam sambutannya, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Bobby R. Mamahit menyampaikan sebagaimana arahan Bapak Menteri Perhubungan "Bahwa promosi dan mutasi jabatan sangat dimungkinkan terjadi bahkan tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan mutasi lintas sektor di lingkungan Kementerian Perhubungan ini. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan nuansa baru, sehingga dapat meminimalisir kejenuhan dan kebosanan pada tugas yang selama ini dihadapi, disamping itu juga sebagai salah satu pembinaan karier Pegawai Negeri Sipil".

Hal ini menjadi langkah awal yang tepat untuk memberikan kesempatan kepada para pejabat untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, pengalaman, wawasan dan kemampuan agar dapat mengaplikasikannya dalam setiap tugas dan tanggung jawab. Pelantikan ini hendaklah dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.

Lebih lanjut Dirjen Hubla menyampaikan "Pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan kepada masyarakat".

"Pelantikan ini merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan program mutasi dan promosi bagi PNS yang dianggap mampu menduduki jabatan tertentu. Pelaksanaan mutasi dan promosi ini dilaksanakan tetap mengacu kepada pola pembinaan sesuai ketentuan perundangan yang berlaku dengan mempertimbangkan pula faktor-faktor obyektif lainnya melalui Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (BAPERJAKAT). Melalui mutasi, para pegawai memperoleh kesempatan untuk melakukan aktualisasi diri dan meningkatkan prestasi yang optimal dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya, sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki" jelas Dirjen Hubla dalam sambutannya.

Dalam akhir sambutannya, Dirjen Hubla berpesan antara lain:

  1. Pejabat yang dilantik sesegera mungkin dapat menyesuaikan diri dengan jabatan dan lingkungan kerja saudara yang baru serta melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi yang ada;
  2. Senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab;
  3. Menjaga netralitas PNS sebagai aparatur dengan maksud menjamin terselenggaranya tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik;
  4. Mempunyai jiwa semangat untuk mewujudkan good governance dan menghindari terjadinya proses KKN dalam melaksanakan program kerja dan kegiatan;
  5. Mempunyai wawasan jauh ke depan dan mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistemik untuk kepentingan organisasi;
  6. Pengangkatan Pejabat-pejabat pada jabatan eselon III, IV dan V ini dilakukan dengan pertimbangan yang mantap dan seleksi yang ketat, oleh karena itu secara khusus agar para Pejabat yang telah dilantik dapat menjalankan tugas dan amanah ini dengan sebaik-baiknya;
  7. Dan yang tak kalah penting, sebagai Pejabat merupakan figur sekaligus panutan bagi bawahan dan masyarakat pada umumnya dan mereka akan senantiasa mengawasi segala aktivitas para Pejabat baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan masyarakat, karena itulah para Pejabat harus selalu menjaga segala perilaku dan perbuatan dengan baik dimanapun Saudara berada.

Demikian beberapa hal dan pesan yang disampaikan oleh Dirjen Hubla melalui sambutannya pada acara tersebut. Kepada para pejabat yang baru saja dilantik, diucapkan selamat bertugas di tempat tugasnya yang baru, disertai harapan semoga dapat dibangun sinergi dan kekompakan sehingga tugas apapun, seberat apapun, dapat diemban dengan baik, serta jangan pernah lelah untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa transportasi laut di seluruh Indonesia.


  • berita




Footer Hubla Branding