Senin, 14 Agustus 2017

Pengawasan Keselamatan Pelayaran Harus Ditegakkan 14/08/2017


Share :
3103 view(s)

JAKARTA - Pengawasan keselamatan pelayaran menurut Kepala Kesyahbandaran Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Capt. Sudiono harus ditegakkan.

"Tugas Syahbandar dalam pengawasan dan penegakan ketentuan keselamatan kapal, pada umumnya tidaklah semakin ringan. Kapal yang berlayar diwajibkan harus memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal (sea worthiness)," jelas Sudiono di Jakarta, Senin (14/8/2017).

Menurutnya, nakhoda dan pemilik kapal tidak boleh mengabaikan ketentuan yang berlaku hanya untuk memeroleh keuntungan semata. 

Oleh sebab itu, perlu peningkatan, pemahaman dan penyelarasan kinerja antar Syahbandar dan pengguna jasa bidang pelayaran mutlak harus dilakukan. 

"Persamaan pemahaman dalam mencapai keselamatan pelayaran dengan tujuan zero accident, terhadap seluruh kapal-kapal yang berlayar dari/menuju Pelabuhan Tanjung Priok, mampu meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa," tutur Sudiono.

Dengan begitu, maka tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Kesyahbadaran Utama Tanjung Priok dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal.

Dia menambahkan bahwa untuk mengoptimalkan pelaksanaan pengawasan dan tugas Syahbandar, pihaknya akhir pekan lalu melakukan Sosialisasi Keselamatan Pelayaran.

"Sosialisasi ini diikuti 140 aparat dan menghadirkan berbagai narasumber terkait," ungkapnya.


Narasumber yang hadir diantaranya dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Capt Renaldo Sjukri dengan materi Manajemen Keselamatan Kapal (ISM Code) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat Eko Prasetyo dengan materi Perencanaan Pelayaran yang aman menggunakan informasi cuaca


Sedangkan narasumber dari perbankan dengan materi tata cara pembayaran pendapatan negara bukan pajak (PNBP) perkapalan dengan basis online (Symphoni). Narasumber dari Bidang Keselamatan Berlayar Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok dengan materi Kepelautan, Tertib Berlayar dan Tertib Bandar.


  • berita




Footer Hubla Branding