Jumat, 20 Oktober 2023

Hadiri Sidang TC 73 Di London, Indonesia Berperan Aktif Menggalang Dukungan Pencalonan Kembali Sebagai Anggota Dewan IMO


Share :
2452 view(s)

 

LONDON(20/10)-Pada Sidang Technical Cooperation Committee (TC) ke-73 yang berlangsung di Markas Besar International Maritime Organization (IMO) dari tanggal 16 hingga 19 Oktober 2023, Indonesia kembali menunjukkan peran aktif dan komitmennya dalam mendukung peningkatan capacity building di sektor maritim melalui program kerja IMO dalam kerangka IMO Integrated Technical Cooperation Programme (ITCP).

 

Atase Perhubungan KBRI London, Barkah Mirajaya mengungkapkan hal ini sekaligus menjadi kesempatan untuk menggalang dukungan dalam rangka pencalonan kembali sebagai Anggota Dewan IMO Kategori C Periode 2024-2025.

 

"Untuk menggalang dukungan bagi pencalonan kembali Indonesia sebagai anggota Dewan IMO kategori C periode 2024-2025 dan pencalonan BPK sebagai Auditor Eksternal IMO periode 2024-2027," ujar Barkah.

 

Adapun upaya yang dilakukan adalah dengan menjadi sponsor coffee break saat sidang berlangsung. Uniknya, coffee break tersebut menyajikan kudapan tradisional Indonesia serta minuman.

 

"Coffee break yang menyajikan makanan tradisional dan minuman kepada seluruh delegasi TC ini disambut dengan antusias oleh para delegasi yang hadir," ungkap Barkah.

 

Barkah melanjutkan, atas nama Indonesia, harapannya adalah melalui kegiatan coffee break ini dapat meningkatkan dukungan dalam pencalonan Dewan IMO dan Auditor Eksternal. 

 

"Sehingga peran aktif Indonesia, khususnya dalam bidang industri pelayaran melalui program capacity building dan peran wanita dalam sektor maritim semakin meningkat. Hal ini akan memberikan kontribusi positif dalam menjaga keselamatan dan efisiensi industri pelayaran global," lanjut Barkah.

 

Sebagai informasi, pada akhir sesi TC, disepakati draf Report TC 73 , dengan beberapa catatan antara lain pengajuan penambahan hari Sidang TC menjadi 5 hari kerja dan penundaan pembahasan agenda 5, 7, 8, 11 dan 15 pada TC 74 dikarenakan keterbatasan waktu.

 

Sekretaris Jenderal IMO memberikan apresiasi atas peran aktif dari pada delegasi selama pelaksanaan sidang, dan berharap kiranya agenda sidang yang masih memerlukan penyempurnaan agar dapat disampaikan segera kepada Sekretariat IMO untuk menjadi bahan dalam finalisasi Laporan TC -73.

 

"Kami berharap bahwa upaya-upaya ini akan terus memperkuat peran Indonesia dalam industri pelayaran global dan berkontribusi positif dalam menjaga keselamatan serta efisiensi sektor maritim di seluruh dunia," tutup Barkah.(SKY/MM/BOH)

  • berita




Footer Hubla Branding