Kamis, 21 Desember 2023

Capaian Kinerja Sektor Transportasi Pembangunan Infrastruktur Transportasi Turut Naikkan Posisi Indonesia Dalam Global Competitiveness Index


Share :
80 view(s)

Sektor transportasi berperan besar dalam menurunkan biaya logistik nasional. Saat ini, biaya logistik sebesar 14,29% dari PDB. Menhub, Budi Karya Sumadi, menargetkan penurunan hingga 10% dalam 10 tahun. Pemenuhan standar NLE dan teknologi digital menjadi kunci dalam mencapai target ini. Selama 2014 - 2023, Kemenhub secara konsisten menjalankan visi Presiden untuk membangun Indonesia dengan paradigma Indonesia Sentris, memastikan pembangunan infrastruktur transportasi merata di seluruh daerah. Hal ini disampaikan Menhub dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2023 Kemenhub, Rabu (20/12) di Jakarta.

Dalam sektor darat, pembangunan terminal dan pelabuhan penyeberangan tersebar di 5 lokasi, dengan rehabilitasi dilakukan di 75 terminal dan 54 pelabuhan penyeberangan di seluruh Indonesia. Di sektor laut, pembangunan pelabuhan baru di 18 lokasi dan rehabilitasi pelabuhan di 164 lokasi. Kemenhub telah memastikan 46 pelabuhan di Indonesia memenuhi ketentuan NLE, sementara 264 pelabuhan menerapkan Inaportnet. Di sektor udara, pembangunan bandara baru di 25 lokasi dan rehabilitasi bandara di 38 lokasi. Pada sektor perkeretaapian, peningkatan dan rehabilitasi jalur sepanjang 1.900,54 km serta pembangunan jalur baru sepanjang 1.683,44 km, termasuk proyek besar seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung, LRT Jabodebek, Sumsel, dan Jakarta.

Menhub menekankan bahwa sektor transportasi memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sekitar 5%. Dengan pertumbuhan sektor transportasi mencapai 15%, diharapkan infrastruktur transportasi dapat memberikan dampak positif jangka panjang, menciptakan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi baru, dan memperbaiki jaringan logistik secara menyeluruh.

#BekerjaDenganHati #HospitableSPIRIT #DisnavPriokMenujuWBBM #PromoAksi #BLUNAV #BLUSPEED #IndonesiaForIMO #BPKRIFOREAIMO #PelayananPublik #ASNBerAKHLAK #BanggaMelayaniBangsa #MelajuUntukTransportasiMaju #BersamaMajukanIndonesia #optimis #Teamwork #MenghubungkanIndonesi

  • berita
  • humas laut




Footer Hubla Branding