Rabu, 18 November 2020

DELAPAN PELABUHAN DI INDONESIA RAIH PENGHARGAAN PELABUHAN SEHAT TAHUN 2020


Share :
3635 view(s)

JAKARTA (18/11) – Delapan pelabuhan raih penghargaan pelabuhan sehat tahun 2020. Kedelapan pelabuhan tersebut adalah TUKS PT. Badak LNG - Bontang, TUKS PT. Kaltim Prima Coal - Sangatta, TUKS PT. Pupuk Kaltim - Bontang, Pelabuhan Perikanan Samudra Nizam Zachman - Jakarta, Pelabuhan Tanjung Emas - Semarang, Pelabuhan Semayang - Balikpapan, Pelabuhan Makassar dan Pelabuhan Utama Tanjung Priok - Jakarta.

Penghargaan tersebut merupakan rangkaian hari kesehatan nasional ke - 56 dengan tema satukan tekat menuju Indonesia sehat yang merupakan seruan kepada segenap komponen masyarakat, tenaga kesehatan dan mitra kesehatan untuk bersama - sama selamatkan bangsa dari pandemi covid - 19, Kementerian Kesehatan menyelenggarakan acara Pemberian Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan Tahun 2020 pada tanggal 17 November 2020 di Jakarta

Acara ini dibuka oleh Menteri Kesehatan dan dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Gubernur Jawa Timur, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Direktur Jenderal Bina Bangsa Kementerian Dalam Negeri, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah II Ditjen Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri dan perwakilan dari Kementerian Koordinasi Bidang Pembangun Manusia dan Kebudayaan serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit atau Puskesmas seluruh Provinsi Kabupaten dan Kota di Indonesia secara daring dan luring di Auditorium G.A Siwabessy Kementerian Kesehatan, 

Tujuan pemberian penghargaan ini adalah untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pelaku usaha rumah makan atau restoran, jasa boga dan usaha sejenisnya yang telah menerapkan protokol kesehatan, terminal sehat, pelabuhan dan bandar udara sehat serta fasilitas pelayanan kesehatan yang telah bebas dari alat kesehatan yang mengandung merkuri sehingga dapat memberikan rasa aman, nyaman dan sehat serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan sekaligus menekan penyebaran covid - 19.

Acara pemberian penghargaan ini telah melibatkan beberapa Kementerian, diantaranya Kementerian Perhubungan. Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Proses penilaian akhir kepada para peserta lomba kategori pelabuhan sehat tahun 2020 dilakukan secara presentasi melalui virtual oleh ketua forum atau pokja pelabuhan sehat serta melalui dokumentasi video sebagai pengganti verifikasi lapangan yang tidak dapat dilakukan saat kondisi pandemi.

Untuk mendapatkan penghargaan kategori pelabuhan sehat tahun 2020, masing - masing peserta lomba harus dapat mengumpulkan nilai minimal 7. 000  dari nilai tertinggi 10. 000 sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor. 44 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan bandar udara dan pelabuhan sehat. 

Penghargaan kategori pelabuhan sehat telah diselenggarakan sebanyak 4 (empat) kali sejak tahun 2013. Pemberian penghargaan ini menjadi agenda rutin 2 (dua) tahun sekali.

Adapun pemenang penghargaan bidang kesehatan lingkungan tahun 2020 kategori pelabuhan sehat tahun 2020, diantaranya Pelabuhan Khusus PT. Badak LNG - Bontang,  Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman - Jakarta dan Pelabuhan Tanjung Emas - Semarang.

Pemberian penghargaan kepada Pelabuhan Khusus PT. Badak LNG - Bontang sebagai pemenang pertama kategori pelabuhan sehat tahun 2020 berupa piagam penghargaan dan pemberian trophy yang dilakukan secara virtual dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai peraturan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Selamat kepada Pelabuhan Khusus PT. Badak LNG - Bontang yang telah mendapatkan penghargaan sebagai pemenang terbaik pertama pada kategori pelabuhan sehat tahun 2020." kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo di Jakarta, Selasa (17/11)

Lebih lanjut Agus mengatakan, saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada 8 (delapan) pelabuhan yang telah berpartisipasi dalam lomba kategori pelabuhan sehat tahun 2020.

"Saya berharap acara pemberian penghargaan bidang kesehatan tahun 2020 ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi kepada seluruh pelabuhan di Indonesia yang belum mendapatkan penghargaan, dan kepada Pelabuhan Khusus PT. Badak LNG - Bontang agat kiranya terus tetap bersemangat dalam menerapkan kebiasaan dan prilaku hidup sehat untuk mencegah penyebaran covid - 19."  tutup Agus

Sebagai informasi, terdapat beberapa kategori penghargaan bidang kesehatan lingkungan tahun 2020, diantaranya terminal sehat, pelabuhan sehat dan bandar udara sehat, restoran atau rumah makan, jasa boga, sentra Pangan jajanan dan sejenisnya serta fasilitas pelayanan kesehatan yang bebas dari alat kesehatan bermerkuri.

  • berita




Footer Hubla Branding