Senin, 6 Agustus 2018

TINGKATKAN KOMITMEN DAN PENGETAHUAN, KEMENHUB GELAR BIMTEK PERSONEL KPLP


Share :
1873 view(s)

JAKARTA (6/8) - Tingkatkan komitmen dan pengetahuan, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi personel Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di Jakarta, Senin (5/8).


Bimtek Boarding Officer ini mengambil tema "Komitmen Kemenhub dalam Menjamin Pengawasan Keamanan dan Keselamatan Pelayaran untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia".

Dirjen Perhubungan Laut R Agus H Purnomo yang diwakili oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi menyampaikan bahwa saat ini pemerintah menitikberatkan pada sektor maritim untuk mewujudkan poros maritim dunia. Komit dalam menjaga keamanan laut dan keselamatan pelayaran menjadi hal yang penting dan utama.

"Ini menjadi momentum baik untuk terus meningkatkan eksistensi KPLP berbanding lurus dengan peningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) nya," jelas Junaidi saat membacakan sambutan Dirjen Hubla.

Pihaknya membekali diantaranya melalui Bimtek bagi seluruh personel KPLP terutama bagi mereka yang bertugas di kapal patroli dengan keahlian dan pengetahuan yang cukup dalam pelaksanaannya.

Menurut Direktur KPLP, pengakuan eksistensi akan diperoleh bila semua pihak menjalankan tugasnya dengan profesional dan sesuai peraturan yang berlaku.

"Sebagai bagian dari pengawasan, personel KPLP mendapat kewenangan melaksanakan patroli laut dan pengejaran seketika, memberhentikan dan memeriksa serta melakukan penyidikan bila terjadi hal yang mencurigakan," urai Junaidi.
WhatsApp Image 2018-08-06 at 09.34.53.jpeg
Saat mereka melaksanakan tugas, personel KPLP telah mengetahui mana otoritas dan yuridiksi institusi serta peraturan yang berlaku pada hukum maritim.

Selain itu petugas juga harus memiliki keterampilan khusus dalam menjalankan tugas operasi di laut yang dapat berhadapan dengan risiko dan ancaman-ancaman nyata dari obyek yang diperiksa.

" Untuk itu saya berharap seluruh peserta Bimtek dapat mengikuti dengan serius dan sebaik-baiknya sehingga dapat menyerap dan menerapkan dengan benar dalam menjalankan tugas personel KPLP," tutupnya.


  • berita




Footer Hubla Branding