Kamis, 21 Juni 2018

DITJEN HUBLA KEMBALI KERAHKAN LIMA KAPAL ANGKUT ARUS BALIK PEMUDIK GRATIS SEPEDA MOTOR DARI SEMARANG


Share :
2163 view(s)

JAKARTA (21/6) – Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali mengerahkan 5 (lima) kapal yang terdiri dari 3 unit kapal perintis yaitu KN. Sabuk Nusantara 84, 85 dan 97 untuk mengangkut penumpang arus balik peserta mudik gratis dengan kapal, serta  2 unit Kapal ternak yaitu KN. Camara Nusantara 01 dan 02 untuk mengangkut sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta pada hari ini (21/6).


Adapun pada keberangkatan kali ini, sebanyak  867 orang pemudik diberangkatkan dengan 3 kapal perintis dan  378 sepeda motor diangkut dengan 2 kapal ternak dari Semarang ke Jakarta.

"Pemberangkatan 5 kapal hari ini masih merupakan bagian dari 16 kapal yabg disediakan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dalam rangka melayani arus balik peserta mudik gratis dengan kapal dari Semarang dan sekitarnya, ” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Tanjung Emas, Ahmad Wahid seusai melepas kapal tersebut. 

Seperti diketahui pada tahun 2018 ini, guna melayani angkutan mudik gratis sepeda motor dengan kapal, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan 16 unit kapal yang terdiri dari 10 (sepuluh) unit kapal perintis, 5 (lima) unit kapal ternak dan 1 (satu) unit kapal Roro.
IMG-20180621-WA0226.jpg
“Alhamdulillah animo masyarakat untuk mengikuti mudik gratis dengan kapal laut tahun ini naik. Hal ini menunjukan semakin membaiknya pemahaman masyarakat yang ingin mudik dengan aman, selamat, tertib dan nyaman dengan menggunakan kapal laut dibanding melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor di jalan raya,” ujar Ahmad Wahid.

Untuk itu, pada kesempatan ini pemerintah terus mengimbau kepada para pemudik untuk memanfatkan mudik gratis dengan kapal.  

"Besok Jumat (22/6) merupakan hari terakhir pemberangkatan kapal  mudik gratis dari Semarang tujuan Jakarta.  Untuk itu  bagi masyarakat yang akan memanfaatkan momen mudik gratis dengan kapal masih diberikan kesempatan untuk mendaftar segera sampai besok keberangkatan," kata Ahmad Wahid. 
IMG-20180621-WA0222.jpg
Menurut Abdul Wahid, hingga H+5 Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018,  kegiatan pelepasan arus balik peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal tahun 2018 telah berjalan lancar dan sukses. 

"Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan akan terus memantau dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat khususnya yang memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal agar pelayarannya dapat selamat,  tertib,  aman dan nyaman"  tutup Ahmad Wahid. 


  • berita




Footer Hubla Branding