Senin, 20 Mei 2019

POSKO ANGKUTAN LAUT LEBARAN 2019 DIMULAI. KEMENHUB SIAP KAWAL MUDIK BARENG, ASYIK LANCAR


Share :
2341 view(s)

JAKARTA (20/5) - Bertempat di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, hari ini Senin (20/5) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memimpin Apel Siaga Kesiapan sekaligus membuka Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019 (1440 H) yang dihadiri oleh para pejabat, para Kepala Unit Penyelenggara Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan stakeholders terkait di Provinsi DKI Jakarta.


Apel Kesiapan dan pembukaan Posko ini secara serentak juga dilaksanakan oleh seluruh UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di seluruh Indonesia pada hari ini (20/5).

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Apel kesiapan dan pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019 (1440H) ini bertujuan untuk memantapkan koordinasi antar petugas, instansi terkait,  penyedia jasa dan asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran, sehingga diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan mudiknya dengan aman, selamat, tertib dan nyaman.

“Kementerian Perhubungan akan terus memastikan kelancaran dan keamanan penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2019 (1440 H) sesuai dengan slogan Mudik tahun ini yaitu Mudik Bareng Asyik Lancar," kata Menteri Budi Karya Sumadi.
IMG-20190520-WA0086.jpg
Sementara itu, Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo mengatakan bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya setiap menjelang perayaan Idul Fitri pasti akan terjadi perpindahan penumpang dalam jumlah besar dan waktu yang bersamaan. Kondisi ini tentunya harus diantisipasi dengan penyediaan sarana angkutan yang andal, termasuk pada moda angkutan laut.

Untuk mewujudkan angkutan laut lebaran yang selamat, aman dan nyaman tentunya  diperlukan langkah-langkah penting yaitu koordinasi secara intensif dengan seluruh stakeholder dan semua yang terkait serta melakukan pembagian tugas sesuai dengan peran tanggung jawab masing-masing.

Dirjen Agus mengatakan bahwa pada masa Angkutan Laut Lebaran tahun 2019 (1440 H), diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sekitar 4,80% dibandingkan dengan realisasi Angkutan Laut Lebaran Tahun 2018. Dari data yang ada realisasi angkutan laut lebaran tahun 2018 adalah sebesar 1.830.289 orang, maka dengan prediksi kenaikan 4,80% pada lebaran tahun ini diperkirakan sebanyak 1.918.182 orang akan menggunakan transportasi laut.

Selain itu, guna menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga telah melakukan uji petik pada seluruh kapal penumpang yang beroperasi untuk memastikan terpenuhinya standar keselamatan pelayaran.

Lebih jauh Dirjen Hubla mengatakan bersamaan dengan penyelenggaraan angkutan laut juga dilaksanakan Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019 (1440 H) mulai dari pada H-15 (21 Mei 2019) sampai dengan H+15 (21 Juni 2019. Posko ini dilengkapi dengan berbagai peralatan yang cukup baik seperti Monitor CCTV/ Tracking System untuk Kapal Penumpang dan Kapal Perintis/ serta Aplikasi Pelaporan Naik/Turun Penumpang di 51 pelabuhuan pantau.
IMG-20190520-WA0091.jpg
Terkait dengan penyelenggaraan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, Dirjen Agus mengatakan pada Angkutan laut Lebaran Tahun 2019 (1440 H)/ Kementerian Perhubungan  menyelenggarakan program Mudik Gratis Sepeda Motor Dengan Kapal Laut, yang melayani trayek Jakarta Semarang, PP yang saat ini kuotanya telah terpenuhi 100 persen.

"Mudik Gratis ini tentunya merupakan bukti kepedulian Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut yang berpihak pada masyarakat yang menginginkan mudik bareng, asyik lancar," tutup Dirjen Agus.


  • berita




Footer Hubla Branding