Selasa, 25 Juli 2017

Tingkatkan Kemampuan Penyampaian Informasi, Ditjen Hubla Gelar Bimtek Kehumasan


Share :
2588 view(s)

MAKASSAR - Tingkatkan Kemampuan Penyampaian Informasi Publik, Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menggelar Bimbingan Teknis Kehumasan.

Bimtek menghadirkan Pakar Komunikasi Politik Effendi Ghazali dan Bayu Sutiono dari Kompas TV dan diikuti 63 UPT di lingkungan Ditjen Hubla.

Kepala Bagian Organisasi dan Humas Ditjen Hubla Lollan S Panjaitan yang membuka acara Bimtek dimaksud, pelaksanaan Bimtek ini, berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor UM.003/30/4/DJPL-17 tanggal 12 April 2017 tentang Penyampaian Informasi kepada Pers.

"Dalam SE disebutkan bahwa setiap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) atau Pimpinan unit kerja struktural yang bertanggungjawab di bidang komunikasi publik (kehumasan) diberikan wewenang  memberikan informasi kepada pers atas suatu peristiwa yang terjadi pada unit kerja masing-masing," ujar Lollan di Makassar, Selasa (25/7/2017).

Untuk itu, kemampuan dalam melakukan komunikasi publik dan strategi menghadapi wawancara dengan media secara efektif, menjadi sangat penting dimiliki oleh para pejabat dan Kepala UPT di lingkungan Ditjen Hubla.
IMG-20170725-WA0010.jpg
Lollan mengungkapkan, perkembangan teknologi informasi saat ini terus menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Hal itu menjadikan komunikasi publik begitu mudah. 

"Salah satu dampak yang kita rasakan sebagai aparatur pemerintah, adalah adanya keterbukaan informasi yang melanda dalam satu dekade terakhir telah memudahkan masyarakat  mengakses segala informasi terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan," urai Lollan.

 Berkaitan dengan hal tersebut, sebagai aparatur Pemerintah terutama bagi seorang pejabat dituntut untuk mampu melakukan komunikasi publik secara baik dan efektif.  

"Namun demikian, tidak sedikit dari mereka yang merasa takut dan tidak percaya diri untuk berkomunikasi atau melakukan wawancara dengan media, padahal mereka memiliki jenjang pendidikan dan jabatan tinggi. Kondisi ini menunjukkan bahwa kondisi fisik, pendidikan, dan jabatan tidak sepenuhnya memengaruhi individu untuk mampu melakukan komunikasi publik dengan baik," imbuh Lollan.

Bimtek Kehumasan kali ini mengangkat tema terkait dengan pembahasan etika dan strategi komunikasi publik, media relations serta teknik-teknik dalam melakukan wawancara yang baik dan efektif. 

Diharapkan peserta kegiatan dapat serius dan sungguh-sungguh sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan sebagai aparatur pemerintah untuk memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat sekaligus mampu meningkatkan performa dan kepercayaan diri dalam berkomunikasi dengan publik.


  • berita




Footer Hubla Branding