Sabtu, 8 April 2017

Taruna STIP Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran Di Pelabuhan Muara Angke


Share :
2684 view(s)

JAKARTA - Para Taruna STIP Jakarta, melaksanakan sosialisasi keselamatan Pelayaran di Pelabuhan Muara Angke, kepada masyarakat pada hari sabtu (8/4). Duapuluh orang taruna yang bekerjasama dengan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkapel) Ditjen Perhubungan Laut melakukan sosialisasi di pelayaran rakyat di Kali Adem. Hadir dalam sosialisasi tersebut Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt. Rudiana yang didampingi Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Pande Siregar.

Capt. Wahyu Prihanto, selaku KSOP Muara Angke dan Capt. Bharto Ari selaku Kasubdit Keselamatan Pelayaran, menyambut baik kegiatan sosialisasi oleh taruna ini. 
Tim taruna melakukan sosialisasi kepada masyarakat di atas kapal-kapal penumpang terhadap pentingnya keselamatan pelayaran, termasuk memeragakan penggunaan lifejacket dan upaya-upaya agar tidak terjadi kelebihan penumpang.

Dalam kegiatan ini para penumpang telah terlihat sadar dan sukarela untuk menggunakan life jacket walaupun adapula beberapa penumpang yang masih enggan menggunakan life jacket namun setelah diberitahu oleh para taruna dan juga beberapa petugas di lapangan mereka pada akhirnya mau menggunakan life jacket tersebut. 

Pelaksana Tugas Ketua STIP, Capt. Marihot Simanjuntak MM, menjelaskan bahwa kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin para Taruna dalam mengisi akhir pekan, sehingga para taruna dapat terlibat langsung dalam melayani masyarakat.
"Sosialisasi ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan, selain mendukung peningkatan keselamatan pelayaran, kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada taruna untuk terlibat langsung dan melatih mereka sebagai pelayan masyarakat. Akhir pekannya pun​ diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, " jelas Capt Marihot.

Dirjen Hubla, A. Tonny Budiono menyebutkan bahwa sosialisasi keselamatan pelayaran tidak akan pernah berhenti dan akan dilakukan terus menerus baik dari instansinya maupun instansi lain dengan tujuan yang sama yaitu terciptanya keselamatan pelayaran.

"Apa yang dilakukan oleh STIP dengan menghadirkan para taruna di acara sosialiasi keselamatan pelayaran di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke merupakan hal yang sangat baik dan kami sangat mendukung partisipasi para taruna tersebut," ujar Tonny.

Lebih lanjut, Kepala KSOP Muara Angke, Capt. Wahyu Prihanto juga menyebutkan hal yang senada dengan Dirjen Hubla. "Tingkat kesadaran penumpang kapal rakyat atas pentingnya penggunaan life jacket mulai meningkat seiiring dengan mulai tumbuhnya budaya keselamatan pelayaran dan kami selaku regulator di lapangan akan terus mengawasi dan memonitor secara terus menerus," ujar Capt. Wahyu.

Sosialisasi keselamatan pelayaran ini melengkapi beberapa kegiatan serupa yang dilakukan oleh Ditjen Hubla dan juga oleh KSOP Muara Angke. Selain itu kegiatan ini merupakan salah satu upaya BPSDMP dalam hal ini STIP dalam menjalankan instruksi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dimana lembaga pendidikan kepelautan di bawah naungan Kemenhub dapat melibatkan taruna dalam sosialisasi keselamatan pelayaran.
  • berita




Footer Hubla Branding