Jumat, 23 Desember 2016

DITJEN HUBLA KERAHKAN 2 KAPAL PATROLI EVAKUASI PENUMPANG KANDASNYA KM. SINABUNG DI TUAL


Share :
3167 view(s)

​(T U A L) KM. SINABUNG milik PT. PELNI dengan rute pelayaran dari pelabuhan Ambon menuju pelabuhan Tual mengalami kandas 7 mil pada posisi 132°40'164''BT 5° 33'848''LS menjelang masuk pelabuhan Tual, Maluku pada hari Kamis (22/12) sekitar pukul 18.34 waktu setempat atau pukul 16.34 WIB Kamis (22/12). 


Adapun kapal tersebut bertolak dari pelabuhan Ambon menuju pelabuhan Tual pada Rabu (21/12) puk 23.30 WIT dengan kecepatan kapal 17 knot. Dari data manifest, diketahui jumlah penumpang sebanyak 366 orang yang dinakhodai oleh Capt. Adi Sucipto.  


Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. A. Tonny Budiono,MM menyebutkan kandasnya kapal KM. SINABUNG tersebut tidak memakan korban jiwa. "Laporan yang kami terima tidak ada korban jiwa dan semua penumpang dipastikan selamat," ujar Tonny.


KM. SINABUNG saat ini sedang menjalani extra line atau pelayaran tambahan untuk melayani pelayanan publik seiring dengan adanya kenaikan jumlah penumpang pada Angkutan Laut Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 dengan rute pelayaran Ambon-Tual. Adapun line reguler KM. SINABUNG adalah Biak-Manokwari, Sorong-Bacan, Ternate-Bitung dan Ternate-Ambon-Tual-Ambon- Bau-Bau-Makassar-Surabaya.


Untuk membantu evakuasi, Ditjen Hubla mengerahkan Kapal Patroli KPLP KN.334 milik Kantor UPP Tual dan KN. 364 milik pangkalan PLP Tual untuk memastikan keadaan selamat dan aman serta membantu mengevakuasi para penumpang KM. SINABUNG.


Proses evakuasi selanjutnya adalah telah disiapkan 1 (satu) kapal KMP. ERENA guna mengantar penumpang KM. SINABUNG ke pelabuhan Tual namun karena adanya angin kencang maka KMP. ERENA tidak bisa merapat ke KM.SINABUNG.


"Kapal patroli KN. 364 dan KN. 334 membantu mengevakuasi para penumpang ke KMP. ERENA yang tidak bisa mendekat ke KM. SINABUNG karena angin kencang dan sekarang seluruh proses evakuasi penumpang telah selesai pada sekitar pukul 2.30 WIT," lanjut Tonny. 


Sedangkan untuk mengevakuasi kapal KM. SINABUNG, menunggu air laut pasang untuk melakukan pergerakan kapal dari posisi kandas tersebut menuju Pelabuhan Tual.


Sebagai informasi, selain KM. SINABUNG, PT. PELNI juga menyiapkan KM. TIDAR yang melayani extra line dengan rute pelayaran Ambon-Tual-Ambon yang akan tiba di Tual Jumat (23/12) malam.

  • berita




Footer Hubla Branding