Selasa, 27 Desember 2016

DIRJEN HUBLA RESMIKAN PENGOPERASIAN KAPAL PENGAMAT PERAMBUAN KN ENGGANO DI TANJUNG PRIOK


Share :
3058 view(s)

Jakarta. Seiring dengan meningkatnya kegiatan pelayaran pada wilayah perairan Indonesia, penyelenggaraan kegiatan kenavigasian menjadi faktor yang sangat vital dibutuhkan demi menunjang kelancaran transportasi laut. Oleh karena itu pelaksanaannya harus didukung dengan kecukupan sarana dan prasarana kenavigasian, tak terkecuali dalam penyediaan armada kapal Negara kenavigasian yang handal, khususnya pada wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok.

Untuk itu, pada hari ini (27/12) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. A Tonny Budiono, MM meresmikan pengoperasian Kapal Pengamat Perambuan, yaitu KN. Enggano di Dermaga Distrik navigasi Kelas I Tanjung Priok.

"KN. Enggano ini tepat 2 (dua) bulan lalu, tanggal 27 Oktober 2016 diluncurkan di Galangan Kapal PT. Multi Prima Batam, bersama dengan 2 (dua) unit Kapal Pengamat Perambuan lainnya yakni KN. Karimun Jawa, dan KN. Pengiki. Keberadaan KN. Enggano diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar dalam mendukung tugas kenavigasian khususnya pada wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok," kata Tonny.

Saat ini Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok memiliki 5 (lima) unit armada kapal kenavigasian, yang terdiri dari 2 (dua) unit kapal Kelas I dan 3 (unit) kapal Kelas III, sehingga kehadiran KN. Enggano sebagai Kapal Pengamat Perambuan yang memiliki panjang 32,4 meter dan kecepatan 20 knot ini akan memperkuat peran armada kenavigasian yang dimiliki oleh Disnav Tanjung Priok.

Adapun setelah diresmikan oleh Dirjen Hubla pada hari ini, KN.Enggano akan langsung melakukan pelayaran perdana menuju Pulau Edam dan Pulau Air. 

Dengan keberadaan KN. Enggano ini diharapkan dapat mendukung program besar Pemerintahan Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia melalui program Tol Laut. Untuk itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berkomitmen untuk selalu mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan pelayaran dengan menyediakan sarana dan prasarana transportasi laut yang handal agar pemberian pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa transportasi laut dapat berjalan dengan baik, aman, selamat, efektif, dan efisien. 

Sebagai informasi, selain meresmikan pelayaran perdana KN. Enggano, Direktur Jenderal Perhubungan Laut juga meresmikan Gedung Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok yang telah selesai dibangun pada tahun 2016 ini. Dengan adanya gedung kantor ini diharapkan dapat menambah semangat dan kinerja para pegawai Kantor Disnav Kelas I Tanjung Priok sehingga para pegawai dapat bekerja lebih optimal dan profesional. 
  • berita




Footer Hubla Branding