Rabu, 22 Februari 2017

DIRJEN HUBLA: KAPAL KMP. CAITLYN YANG TERBAKAR TIDAK MENIMBULKAN KORBAN JIWA


Share :
4549 view(s)

BANTEN - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Caitlyn diketahui terbakar tadi malam (21/2) pada pukul 22.20 WIB di Banten.

Pada saat kejadian, KMP Caitlyn milik PT. Munic Line dengan berat GT.2905 dan Call sign POHH tersebut sedang tidak beroperasi dan berlabuh jangkar.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono membenarkan terjadinya peristiwa tersebut. " Ya, saya sudah dapat laporan kejadian tersebut dari Kepala KSOP Kelas I Banten tadi malam dan langsung mengerahkan Kapal Patroli KPLP KN.530 untuk8 mengecek dan membantu pemadaman juga evakuasi," ujar Tonny.

Setibanya Kapal Patroli KN. 530 di lokasi kejadian, api di kapal KMP. Caitlyn telah padam. Pemadaman telah dilakukan oleh awak kapal secara mandiri dengan pompa kebakaran di atas  kapal yang berfungsi baik.  

Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas ditemukan area yang terbakar berada di deck 3 ruang akomodasi penumpang kelas ekonomi dekat dengan kantin.

Di lokasi tersebut banyak benda mudah terbakar. Deck- deck lain maupun ruangan lain di atas kapal dalam kondisi baik. Kejadian ini tidak ada korban jiwa, maupun korban luka. Jumlah keseluruhan awak kapal adalah 31 orang. Saat kejadian hanya sebagian yang berada di atas kapal. 

"Saat ini Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah turun untuk menginvestigasi penyebab terjadinya kecelakaan kapal KMP. Caitlyn tersebut," tutup Tonny.

Sekali lagi, ditekankan bahwa keselamatan pelayaran harus benar-benar diperhatikan dan menjadi kebutuhan mutlak dari semua pihak. Keselamatan pelayaran dapat terwujud bila ada sinergi antara regulator, operator dan pengguna jasa sehingga kejadian-kejadian seperti ini tidak akan terjadi bila masing-masing pihak menyadari dan memiliki tanggung jawab terhadap keselamatan pelayaran.
  • berita




Footer Hubla Branding