Jumat, 5 Agustus 2022

KEMENHUB EVAKUASI TUG BOAT SUMBER JAYA ALAM YANG KANDAS DI PERAIRAN SELAT RIAU


Share :
6423 view(s)

TANJUNGUBAN(5/8). Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Uban berhasil mengevakuasi Kapal Tug Boat (TB) Sumber Jaya Alam yang kandas di karang galang Perairan Selat Riau.

Kepala Pangkalan PLP kelas II Tanjung Uban Capt. Handry Sulfian mengungkapkan pada hari Kamis, 04 Agustus 2022 pihaknya mendapat informasi dari Batam VTS terkait insiden tersebut.

"Kemudian kami langsung menerjunkan kapal patroli KN. 547 dan Rescue Team Pangkalan PLP kelas II Tanjung Uban untuk mengevakuasi TB. Sumber Alam dengan gandengan Tongkang Sanjaya 1801 yang mengalami kandas tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya pada Rabu 3 Agustus 2022 pukul 14:00 WIB Tug Boat  Sumber Jaya Alam dengan gandengan Tongkang Sanjaya 1801 bertolak dari galangan Boston Tanjung Uncang Batam menuju Samarinda.

Kemudian pada kamis 4 agustus 2022 sekira pukul 03:00 WIB  di perairan Selat Riau posisi GPS 01°09,622 N / 104°11,260 E kapal mengalami tekanan angin kencang dari arah Timur sehingga kapal tidak mampu untuk olah gerak melawan tekanan angin. "Dan mengakibatkan kapal terbawa ke arah karang Galang Perairan Selat Riau," lanjut Capt Handry.

Dari hasil pemeriksaan KN. 547 bersama TIM Rescue, tidak ditemukannya kerusakan maupun kebocoran terkait kandasnya Kapal TB. Sumber Alam dengan Tongkang Sanjaya 1801 dan seluruh ABK dalam keadaan baik. 

Selanjutnya pada hari Jumat 5 Agustus 2022 pukul 02:45 WIB TB Gema WD di Perairan Karang Galang sebelah utara memberi bantuan yaitu melakukan proses pasang tali towing menarik TB Sumber Jaya Alam.

"Pukul 03:00 WIB TB Sumber Jaya Alam berhasil lepas dari posisi kandas dan melanjutkan pelayaran menuju pelabuhan terdekat," ujarnya.

Kemudian TB Sumber Jaya Alam melakukan lego jangkar di Perairan Kabil dan dilakukan penyelaman guna pengecekan kondisi lunas bawah air.
 

  • berita




Footer Hubla Branding