Minggu, 10 Juli 2022

TIM QUICK RESPONSE DITJEN HUBLA EVAKUASI KAPAL PESIAR YANG TERBAKAR DI BUI 4 PANTAI MUTIARA, 23 PENUMPANG BERHASIL DISELAMATKAN


Share :
4349 view(s)

 

JAKARTA (10/7). Tim quick response Kementerian Perhubungan berhasil mengevakuasi kapal pesiar Carve Diem yang terbakar di dekat Bui 5 Pantai Mutiara, DKI Jakarta. 23 orang terdiri dari 20 penumpang dan 3 (tiga) crew kapal berhasil diselamatkan dalam insiden tersebut.

 

Kepala Kantor Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok, Jakarta Capt. Wahyu Prihanto mengungkapkan tim quick response tersebut terdiri dari 5 (lima) Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yakni Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, OP Tanjung Priok, Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, dan KSOP Sunda Kelapa.

 

"Proses evakuasi dilakukan bersama instansi terkait lainnya yaitu TNI, Polri yang turut membantu memadamkan api dan menyelamatkan penumpang," ujar Capt Wahyu, Minggu (10/7).

 

Capt Wahyu mengungkapkan Kapal Pesiar tersebut terbakar pada Sabtu malam dalam pelayaran dari Pulau Payung arah balik ke Pantai Mutiara Blok E.30 Pantai Mutiara yang diduga disebabkan oleh konseleting arus listrik dari dalam Kamar Mesin.

 

"Pukul 18.15 WIB kapal bertemu dengan Team Quick Respon Patroli Rutin dan langsung melakukan pertolongan ABK dan Seluruh Penumpang Kapal Pesiar dengan selamat," ungkapnya.

 

Capt Wahyu mengungkapkan ada 2 (dua) orang saksi yang tengah berada di sekitar tempat kejadian. Menurut keterangan saksi, terdengar suara ledakan melihat adanya kumpulan asap setelah dilakukan pengecekan asal api dari kamar mesin.

 

Selanjutnya setelah saksi memastikan bahwa sumber asap berasal dri dalam kamar mesin yg berada di Dek Bawah, Saksi melaporkan kejadian tersebut kepada pemilik Kapal.

 

"Pada saat patroli dari pos Muara baru melintas ada kapal ikan KMJ.59 dengan nahkoda Indra Setiawan, melakukan pertolongan dan evakuasi para ABK dan penumpang," ungkapnya.

 

Selanjutnya dibawa pindahkan ke Speedboat Daeop (nahkoda Basri) dan Payung Express (Nahkoda Arif), dibawa ke Pantai mutiara Blok R.30 dengan selamat. 

 

"Saat ini pihak berwenang tengah melakukan penyidikan lebih lanjut. Adapun tim PLP Tanjung Priok juga dengan sigap telah berhasil memadamkan api kebakaran kapal tersebut dan tenggelam," tutupnya.

  • berita




Footer Hubla Branding