Sabtu, 7 September 2019

GALANG DUKUNGAN JADI ANGGOTA DEWAN ORGANISASI MARITIM INTERNASIONAL , KEMENHUB DEKATI PARA DUTA BESAR NE


Share :
3128 view(s)

JAKARTA (7/9) - Indonesia melalui Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus melakukan upaya guna mensukseskan proses pemilihan Indonesia untuk kembali menjadi Anggota Dewan IMO Periode 2020-2021.

“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah mengunjungi kantor-kantor perwakilan negara-negara anggota IMO yang ada di Jakarta untuk melakukan pendekatan langsung guna menggalang dukungan.”

Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo ketika melakukan kunjungan resmi ke Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada Jumat (6/9).
IMG-20190907-WA0136.jpg
Diterima langsung oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, HE. Esam A. Abis Althagafi, Dirjen Agus membawa serta rombongan delegasi yang terdiri dari Kepala Pusat Fasilitasi Kemitraan dan Kerjasama Internasional (PFKKI) Kementerian Perhubungan, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, serta perwakilan dari Bagian Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Ditjen Perhubungan Laut.

Adapun selama ini Indonesia dan Arab Saudi telah menjalin hubungan kerjasama yang baik, bahkan pernah sepakat untuk saling mendukung pada pemilihan sebagai Anggota Dewan IMO Kategori C pada tahun 2015 dan 2017.

“Mengingat kesepakatan yang telah kita jalin dengan baik sebelumnya, kami harapkan pada tahun 2019 ini Indonesia dan Arab Saudi juga dapat kembali sepakat untuk saling mendukung dalam pemilihan sebagai Anggota Dewan IMO Kategori C,” ujar Agus.

Selain saling dukung pada pemilihan sebagai Anggota Dewan IMO Kategori C, Pemerintah Indonesia juga telah menjalin beberapa kerjasama dengan Pemerintah Saudi Arabia.

Pada bulan Maret tahun 2017 yang lalu, Pemimpin tertinggi Arab Saudi, Raja Salman Bin Abdulaziz telah mengadakan kunjungan ke Indonesia dan menandatangani sebelas perjanjian kerja sama antara Arab Saudi dan Indonesia.

Salah satu perjanjian ditandatangani oleh Menteri Perhubungan, yakni tentang Otoritas Aeronautik Republik Indonesia dan Otoritas Arab Saudi.
IMG-20190907-WA0135.jpg
Selain itu, ada juga kerja sama kelautan dan perikanan yang ditandatangani Menteri Kelautan dan Perikanan. Selanjutnya, pada Oktober  2018 yang lalu, Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Mr. Adel al-Jubair juga berkunjung ke Indonesia untuk meninjau kemitraan antara kedua negara sejak kunjungan Raja Salman.

“Oleh karena itu, kita berharap kerjasama yang baik ini dapat semakin erat dengan saling dukung pada pemilihan Anggota Dewan IMO Periode 2020-2021 mendatang,” tutup Agus.


  • berita




Footer Hubla Branding