Sabtu, 2 Maret 2019

KEMENHUB KIRIMKAN KAPAL NEGARA ANGKUT BANTUAN KEMANUSIAAN UNTUK KORBAN KEBAKARAN DI PAPUA


Share :
2777 view(s)

PAPUA (2/3) -  Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut mengirimkan 1 kapal negara yaitu Kapal Kenavigasian KN. Merpati dari Kantor Distrik Navigasi Kelas II Merauke dan 1 Kapal Perintis yaitu KM Tevelin 208 untuk mengangkut bantuan kemanusiaan pasca kebakaran di kompleks Pasar Asgon Kabupaten Mappi, Papua (25/2).

Kebakaran tersebut menimpa 310 kios dan  rumah termasuk gudang sembako dengan luas wilayah yang terbakar  meliputi hampir satu distrik yang menjadi tumpuan ekonomi masyarakat sekitar dengan jumlah penduduk sekitar 3.000 orang.

"Kami telah mengerahkan Kapal Negara Kenavigasian KN.Merpati dan Kapal Perintis KM. Tevelin yang berada di sekitar Merauke untuk bergerak mengirimkan bantuan bagi korban kebakaran di Kabupaten Mappi, Papua," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo hari ini, Sabtu (2/3).
WhatsApp Image 2019-03-02 at 14.45.21.jpeg
Sebelumnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi sudah mengirimkan surat untuk meminta bantuan dari Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut agar dapat mengerahkan kapal-kapal pasca kebakaran.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pemda setempat terkait barang-barang penting yang perlu diangkut. Kapal segera diberangkatkan setelah melakukan pengisian BBM dari Pertamina," terang Dirjen Agus.

"Beberapa warga yang menjadi korban mengaku mengungsi ke daerah yang aman. Meninggalkan harta benda. Dan tentunya pada kondisi ini perlu mendapatkan bantuan bahan pokok, pakaian dan juga selimut termasuk mie instan yang dapat digunakan mereka di tempat pengungsian," tutur Agus.

Pada kesempatan ini, Agus menyampaikan rasa keprihatinannya atas adanya musibah kebakaran tersebut dan berharap agar kebakaran cepat padam serta tidak menimbulkan korban jiwa dan materi yang lebih banyak lagi.

"Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi, dan saya menginstruksikan agar Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Ditjen Hubla di sekitar wilayah kejadian kebakaran untuk bahu membahu membantu meringankan penderitaan warga yang tertimpa musibah tersebut," ujar Dirjen Agus.
WhatsApp Image 2019-03-02 at 14.45.22.jpeg
Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas III Merauke, Junaidi mengatakan bahwa KSOP Merauke telah menyiapkan Posko Bantuan Kemanusiaan untuk warga yang tertimpa musibah kebakaran di wilayah Mappi Papua.

"Dengan adanya posko ini memudahkan pendataan kebutuhan bahan-bahan bantuan kemanusiaan yang diterima dan disalurkan ke tenda pengungsian di Mappi. Dengan demikian, tentunya bantuan kemanusiaan tersebut bisa tepat sasaran dan langsung bermanfaat bagi para warga Mappi yang tertimpa bencana kebakaran," tutup Junaidi.


  • berita




Footer Hubla Branding