Kamis, 29 September 2022

KUNJUNGAN TIM DIREKTORAT KEPELABUHANAN DITJEN HUBLA KE PASIPALELE DALAM RANGKA PEMBANGUNAN PELABUHAN


Share :
265 view(s)

BABANG – Tim dari Direktorat Kepelabuhanan pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan melakukan kunjungan ke Desa Pasipalele, Kecamatan Gane Barat Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, Rabu (28/9/2022).

 

Kunjungan tim yang terdiri dari 4 orang ini dalam rangka melakukan survei lebih lanjut terkait rencana pembangunan Pelabuhan Pasipalele untuk menyusun Detail Engineering Design (DED) sebagaimana tindaklanjut laporan dari Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Babang terkait kerusakan Pelabuhan Pasipalele akibat gempat tahun 2019 lalu.

 

Di mana Pelabuhan Pasipalele merupakan wilayah kerja (Wilker) dari Kantor UPP Kelas II Babang. Akibat dari rusaknya pelabuhan tersebut, sehingga pelayanan masyarakat sementara masih menggunakan pelabuhan darurat yang dubangun oleh warga setempat.

 

Pugar Septia Girdayanto, salah satu Tim Survei dari Direktorat Kepelabuhan menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan pada tahun ini DED Pelabuhan Pasipalele harus selesai. Sebab Pelabuhan Pasipalele merupakan akses penting masyarakat di pesisir Halmahera Selatan, terutama masyarakat Desa Pasipalele.

 

”Sehingga itu usaha kita untuk menyusun DED ini agar segera dilakukan pembangunan dan bisa berfungsi kembali untuk melayani masyarakat,” jelasnya.

 

Tim ini terdiri atas dua orang dari Subdit Perencanaan, satu orang dari Subdit Pengembangan dan Fasilitas Kepelabuhanan, dan satu orang lagi dari konsultan perencanaan. Tim dibantu oleh pihak Kantor UPP Kelas II Babang yang bertolak dari Pelabuhan Babang menggunakan Kapal Patroli. Tim juga menyempatkan waktu meninjau Pelabuhan Kurunga dan Gane Dalam. (*)

  • berita
  • humas laut




Footer Hubla Branding