Rabu, 8 Juni 2022

KUNJUNGAN DAN ARAHAN INSPEKTUR I INSPEKTORAT JENDERAL KEMENHUB DI KANTOR UPP KELAS II BABANG


Share :
383 view(s)

 

BABANG - Inspektur Wilayah I pada Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan, Baitul Ihwan, bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Babang, Rabu (8/6/2022).

 

Kunjungan kerja ini sekaligus memberikan pengarahan kepada pimpinan dan pegawai Kantor UPP Kelas II Babang dalam pelaksanaan tugas dan fungsi ke depan.

 

Pada kesempatan itu, Inspektur Wilayah I, Baitul Ihwan, mengatakan bahwa tugas Inspektorat Jenderal (Itjen) adalah melakukan pendampingan pada sebuah perencanaan atau kegiatan yang dimulai dari awal hingGa akhir. Setahun kemudian, kegiatan tersebut dilakukan evaluasi terkait manfaatnya. Apakah yang dilakukan itu betul-betul asas pemanfaatannya kepada masyarakat ataukah sebaliknya.

 

Ia juga menjelaskan bahwa kehadiran mereka di Provinsi Maluku Utara, khususnya di Kabupaten Halmahera Selatan ini adalah untuk melakukan audit kinerja terhadap Bandara Oesman Sadik dan Bandara Gamar Malamo di Galela.

 

Sementara terkait kedatangan mereka di Kantor UPP Kelas II Babang ini juga merupakan bagian dari satu evaluasi kinerja. Selain itu, juga sebagai silaturahmi dan kolaborasi untuk kerja-kerja ke depan.

 

Pada kesempatan itu, Baitul Ihwan mengajak kepada seluruh pegawai di Kantor UPP Kelas II Babang harus merubah pola kerja sesuai dengan perkembangan zaman yang ada. Jika tidak berubah atau masih pakai pola lama, maka akan tertinggal.

 

“Kita harus membuat suatu perubahan, jika tidak akan tertinggal dengan unit pelaksana teknis (UPT) lainnya,” ajaknya

 

Baitul bilang, Pelabuhan Babang memiliki potensi yang sangat bagus. Sehingga harus menyiapkan satu perubahan ke depannya.


“Untuk itu, Kepala UPP Kelas II Babang harus menyiapkan suatu perubahan ke depan. Sehingga Kantor UPP Kelas II Babang bisa berkembang dan lebih maju. Hal ini juga nanti menjadi evaluasi dari seorang pemimpin yang dilihat dari kemajuan kantor yang dipimpinnya,” pintanya.

 

Pihaknya dalam setiap melakukan evaluasi juga akan memberikan saran dan masukan terhadap kinerja/kegiatan dari UPT tersebut. Sehingga kegiatan itu bisa berjalan dengan baik sesuai dengan yang diinginkan.

 

“Kepada semua pegawai agar bekerja untuk menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat kepada masyarakat. Tanamkan dalam diri, bahwa setiap pekerjaan itu sekecil apapun harus menghasilkan karya yang baik yang dapat bermanfaat terhadap orang,” tukasnya.

 

Sementara Kepala UPP Kelas II Babang, Rosihan Gamtjim, pada kesempatan itu menyampaikan gambaran tentang profil Kantor UPP Kelas II Babang. Kata dia, ada 15 wilayah kerja (Wilker) dan pelabuhan yang dikelola UPP kelas II Babang.

 

Rosihan juga memaparkan terkait pengelolaan penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Kegiatan kapal penumpang, baik perintis maupun regular. Selain itu, kegiatan bongkar muat kapal dan rencana kegiatan Kantor UPP Kelas II Babang ke depan juga dilaporkan kepada Inspektur.

 

“Kami berharap kehadiran Inspektur I Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan ke Kantor UPP kelas II Babang ini dapat memberikan masukan dan saran kepada kami untuk pelaksanaan tugas ke depan yang lebih lagi,” harap Rosihan menutup.

 

Sekadar diketahui, sebelum pertemuan dan memberikan pengarahan, Inspektur bersama rombongan lebih dulu meninjau aktivitas Pelabuhan dan Terminal Penumpang Pelabuhan Babang. Selanjutnya Inspektur bersama rombongan melakukan makan siang bertempat di Pantai Sibela.  Usai pertemuan, dilanjutkan dengan foto Bersama bertempat di Terminal Penumpang Pelabuhan Babang. (*)

 

 

 

  • berita
  • humas laut




Footer Hubla Branding