Rabu, 3 November 2021

MUARA KALI MATI MENGANCAM PELABUHAN BABANG


Share :
157 view(s)

BABANG (3/11) - Kali mati yang terletak di Desa Babang atau berada tepat di samping Pelabuhan Babang sangat mengancam keberadaan pelabuhan tersebut.

Pasalnya, setiap kali turun hujan deras, air yang berada di kali mati itu penuh dan menggenangi area Terminal Pelabuhan. Bahkan kali mati yang muaranya menghadap tepat badan dermaga pelabuhan mengakibatkan terjadi pendangkalan.

Ini harus segera mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat, terutama dinas terkait yang menangani masalah normalisasi kali. Sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Babang, Rosihan Gamtjim menyampaikan, kebaradaan muara sungai yang mengalir tepat di badan jembatan menjadi ancaman yang harus secepatnya dicarikan solusi. Bahkan ktivitas kolam pelabuhan sudah mulai terancam.

Pelabuhan Babang yang berada di bawah pengawasan UPP Kelas II Babang harus segera dicarikan solusi bersama, karena ini berkaitan dengan kepentingan umum, terutama soal pelayanan pelabuhan, serta keberlangsungan lingkungan sekitar.

"Setiap kali turun hujan juga terjadi penumpukan sampah yang cukup banyak di area pelabuhan akibat dari aliran muara sungai tersebut. Kami berharap pemerintah daerah melalui Dinas PUPR Kabupaten Halmahera selatan agar kita bersama-sama memikirkan secara bersama, mau normalisasi atau seperti apa. Sehingga ini secepatnya dapat teratasi dengan baik," harapnya. (*)

  • berita




Footer Hubla Branding