Senin, 18 Oktober 2021

Disetujui Kementerian Perhubungan, Januari 2022 Tol Laut Beroperasi Di Pelabuhan Babang Dan Saketa


Share :
145 view(s)

BABANG (18/10) - Direktorat Lalulintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan menyetujui beroperasinya Kapal Tol Laut di Pelabuhan Babang dan Pelabuhan Saketa.

Ini setelah Tim Teknis dari Direktorat Lalulintas dan Angkutan Laut melakukan sosialisasi Aplikasi SITOLAUT bertempat di terminal penumpang Pelabuhan Babang, Minggu (17/10/2021).

Jika tak ada aral melintang, Januari 2022 Tol Laut sudah bisa beroperasi. Hal ini disampaikan langsung Kasubdit 3 Direktorat Lalulintas dan Angkutan Laut.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Babang, Rosihan Gamtjim menuturkan, pihak Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Lalulintas dan Angkutan Laut sudah menyetujui beroperasinya Kapal Tol Laut ini (Kapal barang dengan kemasan kontener) yang menyinggahi Pelabuhan Babang dan Pelabuhan Saketa pada awal tahun 2022 nanti.

Ia berharap hadirnya Tol Laut ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha yang ada di Kabupaten Halmahera Selatan, apalagi daerah Halmahera Selatan banyak memiliki potensi sumber daya alam.

"Angin segar akan hadirnya Tol Laut di Pulau Bacan segera terealisasi. Oleh karena itu, masyarakat terutama pelaku usaha harus memanfaatkan dengan baik Program Layanan Tol Laut ini," harapnya.

Rosihan mengungkapkan, program Tol Laut ini memiliki salah satu keunggulan adalah dapat mengatasi disparitas harga barang. Selama ini, biaya distribusi logistik dari produsen ke daerah-daerah di Indonesia Timur sangat tinggi. Seperti yang terjadi di Halmahera Selatan, khususnya di Pulau Bacan itu sendiri.

Maka hadirnya Tol Laut ini, kata Rosihan, sudah pasti harga barang lebih murah dan itu dapat menguntungkan masyarakat. Begitu pula pelaku usaha dapat keuntungan dari biaya logistik melalui Tol Laut yang sangat rendah.

Selain itu, sudah pasti terjadi lonjakan arus barang di 2 pelabuhan yang disinggahi Kapal Tol Laut nanti. Dengan begitu, kebutuhan masyarakat akan mudah terpenuhi. (*)

  • berita
  • humas laut




Footer Hubla Branding