Senin, 17 Oktober 2022

TINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT, DITJEN HUBLA BEKALI PARA DUTA PELAYANAN PUBLIK DENGAN HOSPITABLE SPIRIT  


Share :
3501 view(s)

BALIKPAPAN (17/10) - Dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM penyelenggara pelayanan publik yang juga merupakan pemenuhan aspek reformasi birokrasi, Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Duta Pelayanan Publik.
 
Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Lollan Panjaitan dalam sambutannya saat membuka kegiatan Bimtek ini mengatakan bahwa para duta pelayanan publik di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut harus melaksanakan pelayanan publik dengan mengutamakan Service Value "Hospitable SPIRIT" yang mempunyai arti hospitable, safe dan secure, pleasant dan comfort, integrity, responsive serta integrated dan traceable. Balikpapan, Senin (17/10)
 
Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Service Value merupakan rumusan janji pelayanan yang ditujukan untuk melihat bentuk proses pelayanan yang akan diterima oleh pengguna jasa. Atas dasar penerapan Service Value pada unit penyelenggara pelayanan publik yang kemudian diaplikasikan oleh SDM penyelenggara pelayanan publik, maka dapat mencerminkan unit kerja tersebut memiliki mutu pelayanan dengan kualitas baik.
 
"Saya berharap dalam pelaksanaan Service Value “Hospitable Spirit”, para Duta Pelayanan Publik pada unit kerjanya masing-masing dapat menerapkan pedoman yang telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP.1032/DJPL/2021 tentang Simbol dan Slogan Pelayanan Di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut," ujarnya
 
Kegiatan bimtek ini menghadirkan para Hospitable Trainer yang berkompeten untuk dapat berbagi memberikan pengetahuan dan pengalaman mengenai bagaimana cara membangun budaya layanan publik yang prima dan selaras dengan Sevice Value "Hospitable Spirit".
 
"Melalui kegiatan bimtek ini, para trainer mengajarkan beberapa hal, antara lain tentang profesionalisme dalam bekerja, service mindset dan service value yang akan membentuk citra diri menjadi lebih baik serta cara berpenampilan dan beretika dalam berinteraksi baik dengan pengguna jasa maupun lingkungan sekitar yang tidak terlepas sebagai insan pemerintahan," katanya
 
"Saya berharap dengan mengikuti kegiatan bimtek ini seluruh peserta dapat mengambil ilmu dan pengalaman dari para trainer, sehingga dapat meningkatkan pelayanan publik yang prima dan selaras dengan Service Value "Hospitable Spirit" pada unit kerja masing-masing," tutupnya
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Organisasi dan Hubungan Masyarakat, Wisnu Wardana mengatakan bahwa tujuan kegiatan bimtek ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang “Hospitable Spirit” sebagai Service Value Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
 
"Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan dan mengembangkan karakter serta budaya melayani pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut," ujarnya
 
"Kemudian juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan aspek reformasi birokrasi," tutupnya
 
Sebagai informasi, kegiatan bimtek ini akan dilaksanakan selama 5 (hari) yang di mulai pada tanggal 17 s.d 21 Oktober 2022 bertempat di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan diikuti oleh  33 (tiga puluh tiga) orang peserta dari 28 (dua puluh delapan) Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
 

  • berita




Footer Hubla Branding