Senin, 13 Mei 2019

GELAR UJI PETIK, KANTOR UPP KELAS II TUAL PASTIKAN SIAP LAYANI ANGKUTAN LAUT LEBARAN 2019


Share :
2919 view(s)

TUAL (13/5) – Guna memastikan terwujudnya keselamatan dan keamanan pelayaran pada penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019, Kementerian Perhubungan Cq. Ditjen Perhubungan Laut kembali menggelar uji petik atau pemeriksaan kelaiklautan kapal di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tual pada hari ini (13/5).

Pada Uji Petik kali ini, Ditjen Perhubungan Laut melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan menurunkan Tim Uji Petik yang dipimpin oleh Kepala Sub Direktorat Rancang Bangun Stabilitas dan Garis Muat Kapal Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, Gigih Retnowati. ST., MT didampingi oleh Kepala Kantor UPP Kelas II Tual, Yahya Usia, untuk melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang melayani pelayaran di wilayah Maluku dan sekitarnya.
 
“Pada kesempatan kali ini kami menurunkan tim yang terdiri dari Marine Inspektor dari Kantor Pusat dan juga dari Kantor UPP Kelas II Tual,” ujar Gigih.

Gigih menjelaskan, bahwa Pelabuhan Tual bisa dikatakan sebagai jantung Kepulauan Kei yang menghubungkan dengan pulau-pulau seperti pulau Kur, Tayando, Kei Besar dan Kepulauan Tanimbar, serta melayani pelayaran antara provinsi ke Papua. Dengan mobilitas penumpang yang tinggi, khususnya pada masa liburan atau hari raya, tentunya kondisi kapal penumpang perlu dipastikan telah memenuhi persyaratan kelaiklautan.
WhatsApp Image 2019-05-13 at 11.04.21.jpeg
“Untuk itulah, kita melaksanakan Uji Petik guna memastikan kapal-kapal penumpang yang akan melakukan perjalanan liburan mudik laiklaut dan dalam kondisi prima, sehingga dapat mengantarkan para penumpang dengan selamat ke tempat tujuan untuk merayakan lebaran bersama keluarga," jelas Gigih.

Gigih mengatakan bahwa pada Uji Petik kali ini pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 3 (tiga) unit kapal penumpang, yakni KM. Sabuk Nusantara 60, KM. Tanjung Madlahar, serta Kapal Cepat Cantika Inova.

"Pada pemeriksaan ini kami menemukan beberapa temuan minor yang langsung kami sampaikan kepada Nakhoda sebagai perwakilan dari pemilik kapal untuk dapat ditindaklanjuti ke Operator sehingga dapat diperbaiki sebelum dimulainya angkutan lebaran,” ujar Gigih. 

Lebih lanjut, selain bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan keselamatan pelayaran, Gigih berharap melalui kegiatan Uji Petik ini juga dapat tercipta sinergi antara Kantor Pusat dengan Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut di seluruh Indonesia dalam rangka meningkatkan pengawasan dan mewujudkan keselamatan pelayaran.
WhatsApp Image 2019-05-13 at 11.04.22 (1).jpeg
Sementara itu, Kepala Kantor UPP Kelas II Tual, Yahya Usia, menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik dan mendukung penyelenggaraan kegiatan pemeriksaan kelaiklautan kapal di wilayah kerjanya yang merupakan bentuk perhatian dan komitmen Pemerintah dalam upaya mewujudkan keselamatan pelayaran dan memberikan pelayanan prima pada masyarakat selaku pengguna jasa.

“Para penumpang dan masyarakat setempat menyambut baik dan sangat mengapresiasi perhatian serius yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Perhubungan terhadap keselamatan dan penertiban pelayaran di Kota Tual,” tutup Yahya.


  • berita




Footer Hubla Branding