DISTRIK NAVIGASI KELAS I TANJUNG PRIOK PEROLEH ISO 9001 : 2015 Selasa, 26 Januari 2021 | Post by: Admin Portal
DISTRIK NAVIGASI KELAS I TANJUNG PRIOK PEROLEH ISO 9001 : 2015

JAKARTA (26/1) – Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berhasil memperoleh Sertifikat ISO 9001:2015 dari PT. Lloyd’s Register Indonesia atas prestasinya dalam menerapkan manajemen mutu dalam bidang pelayanan publik. Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015 tersebut dilakukan oleh Perwakilan PT. Lloyd’s Register Indonesia, Budi Yulianti kepada Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, M. Tohir disaksikan oleh Direktur Kenavigasian, Hengki Angkasawan bertempat  di Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Jakarta.

Dalam sambutannya Direktur Kenavigasian Hengki Angkasawan mengatakan bahwa diraihnya Sertifikat ISO 9001:2015 oleh Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok ini adalah suatu prestasi yang cukup membanggakan. Pencapaian ini menunjukan komitmen dan kualitas kita bersama seluruh Jajaran Kenavigasian khususnya Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok untuk selalu memberikan pelayaran yang optimal kepada masyarakat pada umumnya dan pengguna jasa di bidang kenavigasian pada khususnya. 

“Keberhasilan tentunya prestasi yang sangat besar dan ini merupakan contoh kerja keras kita semua untuk meraih tujuan bersama yang memang menjadi fokus sebelumnya” kata Hengki.

Menurutnya, ISO 9001:2015 merupakan standar dokumen yang mencantumkan persyaratan yang harus dijalankan oleh suatu organisasi dan harus dijaga implementasinya. Dengan memperoleh Sertifkat ISO 9001:2015 ini berarti Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tg Priok telah menjalankan pekerjaan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan. 

“Pencapaian Sertifikat ISO 9001: 2015 ini selain merupakan pencapaian yang besar, juga merupakan tanggung jawab yang sangat besar pula kepada seluruh pegawai Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tg. Priok untuk selalu memastikan setiap pekerjaan tetap berjalan sesuai dengan SOP agar kedepannya kita dapat mempertahankan sertifikat ISO 9001:2015 ini kembali” kata Hengki.

Hengki juga mengatakan diperolehnya Sertifikat ISO 9001:2015 ini adalah suatu langkah yang baik dalam mengawali kegiatan di Tahun 2021. Keberhasilan ini diperoleh oleh Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok setelah menjalani audit kinerja yang dilaksanakan oleh PT. Lloyd’s Register Indonesia dan berhasil menunjukan kualitas pelayanan sesuai manajemen mutu.

“Perolehan Sertifikat ISO 9001: 2015 ini tentunya menunjukkan bahwa mutu kinerja dan efisiensi pekerjaan yang dilakukan oleh Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tg Priok selama ini sudah berjalan dengan cukup baik sesuai manajemen mutu” tegas Hengki.  

Sementara itu, Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, M. Tohir dalam laporannya mengatakan bahwa diperolehnya Sertifikat ISO 9001: 2015 oleh Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok dari Badan Sertifikasi Lloyd Register Business Assurance melalui proses yang cukup panjang, yaitu dengan melakukan serangkaian tahapan diantaranya penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP), penyusunan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), penerapan dan pemantauan Standar Operasional Prosedur (SOP), pelaksanaan kegiatan audit mutu internal, pelaksanaan rapat tinjauan manajemen, pelatihan terkait sistem manajemen mutu,  dan audit eksternal sertifikasi ISO 9001:2015.

“Untuk itu, saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam membantu mewujudkan sertifikasi ini. Prestasi ini tentunya merupakan hasil kerja sama yang sangat baik dari seluruh jajaran Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok untuk terus berkomitmen dalam meningkatkan dan memperbaiki layanan kepada masyarakat dan pengguna jasa di bidang kenavigasian” kata M Tohir.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari PT. Lloyd’s Register Indonesia, Budi Yulianti mengatakan bahwa Sertifikasi ISO 9001:2015 diberikan kepada perusahaan yang telah konsisten memenuhi standar internasional sistem manajemen mutu. 

“Penyerahan Sertifikasi ISO 9001:2015 yang pada hari ini diberikan kepada Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok telah dikukuhkan dengan adanya akreditasi dari UKAS United Kingdom Accreditation Service (UKAS), sehingga ke depan Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok diharapkan untuk terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai manajemen mutu pelayanan dan menjamin kepuasan bagi para pengguna jasanya,” kata Budi Yulianti.

  • berita