MENHUB CEK LOKASI PEMBANGUNAN PELABUHAN PATIMBAN 05/09/2016 Senin, 5 September 2016 | Post by: Admin Portal
MENHUB CEK LOKASI PEMBANGUNAN PELABUHAN PATIMBAN 05/09/2016

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kemarin, Minggu (4/9/2016) melakukan kunjungan kerja sekaligus mengecek kesiapan lokasi proyek Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat setelah sebelumnya menengok persiapan penataan lalu lintas di Brebes Timur Exit Tol, menjelang hari raya Idul Adha.

Pada kunjungannya tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Kepelabuhanan Ditjen Hubla Mauritz Sibarani beserta rombongan dan diterima oleh Pelaksana Tugas Bupati Subang Imas Aryumningsih.

Pada kesempatan tersebut, Menhub Budi mengatakan, pelabuhan Patimban ini akan melengkapi fungsi New Priok sebagai pelabuhan internasional. Terkait soal pembebasan lahan untuk proyek Patimban, Menhub Budi meminta bantuan pemerintah daerah untuk memastikan tidak ada spekulan yang bermain sehingga membuat harga tanah melambung irasional. Pemerintah berjanji akan mengganti-untung tanah yang dibutuhkan untuk proyek.

Pembangunan pertama proyek Patimban diharapkan selesai pada 2019. Adapun Proyek yang masuk dalam proyek strategis nasional ini, seluruhnya ditargetkan rampung pada 2027. Dalam pembangunan Pelabuhan Patimban ini nantinya Pemerintah Indonesia akan bekerjasama dengan Pemerintah Jepang.

Menhub Budi menilai pembangunan pelabuhan ini merupakan suatu rencana besar yang harus ditunjang berbagai hal.
Menurutnya, pembangunan pelabuhan ini tidak akan terlaksana tanpa ada dukungan dari berbagai pihak seperti Kementerian BUMN serta unsur pemerintah daerah.

“Memang diperlukan sinergi antara semua pihak baik Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah juga dukungan masyarakat sekitar agar proyek Nasional ini dapat berjalan baik dan lancar sesuai target yang telah ditetapkan,” tutup Budi mengakhiri kunjungannya di Subang kemarin.
  • berita