MENHUB TINJAU KAPAL TERBAKAR DI TANJUNG PRIOK 17/09/2016 Sabtu, 17 September 2016 | Post by: Admin Portal
MENHUB TINJAU KAPAL TERBAKAR DI TANJUNG PRIOK 17/09/2016

"Saya turut prihatin atas terjadinya musibah terbakarnya Kapal  MV Devine Success di Pelabuhan Tanjung Priok", demikian dinyatakan oleh Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau lokasi sandar terbakarnya Kapal yang sedang sandar membongkar muatan semen curah di Dermaga 115 Tanjung Priok Jakarta. Menhub yang tiba di lokasi menjelang pukul sembilanp malam, melakukan peninjauan didampingi oleh Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Tony Budiono, Irjen Kemenhub, Cris Kuntadi serta Syabandar Pelabuhan Tanjung Priok, Capt. Sahatua.

Menhub menyaksikan sendiri para Tim Pemadam Gabungan (Pelindo, Kepanduan dan Syahbandar di lokasi kebakaran Kapal,  telah berhasil bekerjasama baju-membahu memadamkan api dalam tempo kurang lebih selama dua jam. Kepada Menhub, Syahbandar, Sahatua menjelaskan bahwa Kapal MV Devine Succes mulai terbakar pada pukul 18.30 dan titik api diduga dimulai di ruang mesin dan langsung ditangani oleh para petugas di Pelabuhan. Tidak korban jiwa dalam insiden kebakaran ini dan semua awak kapal Selamat. "Saat ini Kapal sedang didinginkan dengan peralatan pendingin, baik dari sisi darat dan maupun Sisi laut, agar para para petugas lebih mudah dalam melakukan penyelidikan" tambah Syahbandar Sahatua.

Menhub menyampaikan apresiasinya atas kesiapan perlengkapan Pelabuhan dan kesigapan para Petugas Pelabuhan dalam mengatasi kebakaran dengan cepat. Menhub juga menyampaikan terima kasih kepada petugas Polres Jakarta Utara yang telah turut mengamankan area insiden dan Damkar Jakarta Utara yang juga telah siaga di Dermaga 115 Tanjung Priok. "Saya telah tugaskan Dirjen Perhubungan Laut melakukan koordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan pengecekan kembali terhadap prosedur penanganan keselamatan bongkar muat barang kapal di Pelabuhan, guna menghindari terulangnya insiden serupa dimasa datang" kata Menhub saat di Pelabuhan Tanjung Priok. 

Dewa Made Sastrawan, Staf Khusus Menhub Bidang Komunikasi Publik menambahkan bahwa selepas pukul sepuluh malam, Tim (KNKT) sudah tiba di lokasi untuk memulai investigasi pada kapal dan awaknya guna mengetahui  penyebab mussibah kebakaran kapal tersebut dan setelah investihasi selesai, Kapal naas itu akan ditarik keluar dermaga 115, sehingga area pelabuhan Tanjung Priok akan segera dapat digunakan kembali seperti sediakala. "Kami akan infokan kepada publik secepatnya hasil-hasil investigasi KNKT", kata Dewa Made.
  • berita