KAPAL RAKSASA MV MSC TIANSHAN  SANDAR PERDANA DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK Jumat, 14 Januari 2022 | Post by: Admin Portal
KAPAL RAKSASA MV MSC TIANSHAN SANDAR PERDANA DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK

 

JAKARTA (14/1). Kapal MV MSC Tianshan berbendera Liberia yang tiba pada Hari Kamis (13/1) di Terminal 3 PT IPC Terminal Petikemas memecahkan rekor pelayanan kapal terbesar sepanjang sejarah beroperasinya pelabuhan tersebut.

 

Penyambutan Kapal Terbesar, LOA 334 M tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Capt. Wisnu Handoko beserta tim, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Andi Hartono ST dan Direktur Operasi PT IPC Terminal Petikemas, David Sirait.

 

"Kapal MV MSC Tianshan FK151R yang dinakhodai Jastrzebski Dariusz Grzegorz dengan panjang 334 meter bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok berasal dari Umm Qasr Port, Irak dengan tujuan Qingdao, China," ujar Capt Wisnu.

 

Capt Wisnu juga memberikan apresiasi kepada PT IPC Terminal TPK selaku operator yang memfasilitasi sandar kapal kontainer besar ini dan harapan ke depannya dapat terus memberikan pelayanan bagi kapal asing dengan lebih baik.

 

"Hal ini berkat kerjasama dan support yang baik dengan Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan serta Pelayanan Kapal Pelindo Regional 2 Tanjung Priok maupun Pelindo Pusat maka Kapal Terbesar MV MSC Tianshan ini dapat bersandar dengan baik," ujarnya.

 

Capt Wisnu mengungkapkan kapal tersebut diageni oleh PT Perusahaan Pelabuhan Nusantara Panurjwan, rencananya akan membongkar 1702 boxes atau equivalent sekitar 3394 Teus dan akan memuat 103 Boxes atau sekitar 2442 Tonase untuk dapat membantu mengatasi kelangkaan petikemas dalam menunjang ekspor produk-produk Indonesia ke luar negeri.

 

"Ship call MV. Tianshan dapat menjawab kondisi kelangkaan kontainer yang terjadi akhir-akhir ini," ujarnya.

 

Dia melanjutkan bahwa pihak Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok mengharapkan agar para eksportir dapat memanfaatkan ketersediaan kontainer ini dengan baik untuk melakukan pengiriman muatan. "Dan bagi pihak pelayaran untuk menjaga freight cost tetap kompetitif sehingga tidak menambah beban biaya logistik dan diharapkan bisa menarik minat para shipper," tutupnya.

 

Sebagai informasi, MV MSC Tianshan merupakan kapal milik pelayaran Mediterranean Shipping Company dengan berat GT 91.649 yang memiliki kapasitas 8.500 TEUs.

  • berita