KAPAL TANKER KANDAS DI PERAIRAN KARANG HELEN MARS, KEMENHUB KERAHKAN KAPAL PATROLI KPLP LAKUKAN PENGAMANAN DAN PENGAWASAN Kamis, 7 Oktober 2021 | Post by: Admin Portal
KAPAL TANKER KANDAS DI PERAIRAN KARANG HELEN MARS, KEMENHUB KERAHKAN KAPAL PATROLI KPLP LAKUKAN PENGAMANAN DAN PENGAWASAN

TANJUNG UBAN (7/10) - Kapal Tanker SPOB Wijaya Kusuma 2 dilaporkan kandas di wilayah Perairan Karang Helen Mars. Kapal tersebut diketahui tengah dalam perjalanan menuju Kijang - Pekanbaru.

 

Informasi kandasnya kapal dengan muatan minyak premium tersebut diterima oleh Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Uban pada Rabu 6 Oktober 2021 pukul 13.00 WIB yang langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan pengecekan, pengawasan dan pengamanan.

 

Kepala Pangkalan PLP kelas II Tanjung Uban, Capt Handry Sulfian mengungkapkan pihaknya mendapat informasi terkait adanya insiden tersebut berkat aksi cepat dari Batam VTS.

 

“Kami mendapat informasi bahwa telah terjadi kecelakaan Kapal kandas di Perairan Karang Helen Mars, kepulauan Riau,” ujarnya.

 

Kemudian Kepala Subseksi Operasi langsung diperintahkan untuk mengerahkan KN. Kalimasadha -P. 115 untuk menuju lokasi kejadian berkoordinasi dengan KSOP Tanjung Balai Karimun.

 

Setibanya dilokasi KN. Kalimasadha -P. 115 yang dinakhodai oleh Capt. Putra Wardana langsung berkoordinasi dengan Kapal Patroli KN. 366 milik KSOP Tanjung Balai Karimun yang juga turut dikerahkan dalam aksi tersebut.

 

“Tiba di lokasi Pukul 17.00 WIB di Perairan Karang Helen Mars pada posisi 01°07.480 N/ 103°46.413 E,” ujarnya.

 

Handry menjelaskan dari hasil pemeriksaan KN. Kalimasadha -P. 115 bersama KN. 366 milik KSOP Tanjung Balai Karimun, tidak ditemukan adanya kerusakan maupun kebocoran terkait kandasnya Kapal SPOB Wijaya Kusuma 2.

 

“Selanjutnya KN.Kalimasadha - P.115 tetap stand by di sekitar kapal tersebut guna melakukan pengawasan dan pengamanan,” jelasnya.

 

Hingga malam hari pada Pukul 21.00 WIB Kapal Tanker SPOB Kusuma Wijaya 2 akhirnya berhasil lepas dari posisi kandas dan mencari tempat untuk melakukan pengecekan kondisi kapal sebelum melanjutkan perjalanan ke Pekanbaru. 

 

"Pukul 21.30 Wib Kapal tersebut melanjutkan pelayaran," tutupnya.

  • berita