Judul : TAHUN 2022 KEMENHUB TETAPKAN 34 RUTE TOL LAUT
Kontak : DIREKTORAT LALU LINTAS ANGKUTAN LAUT
Lampiran :
Persyaratan :

Program penyelenggaraan Penyelenggaraan Angkutan Barang Di Laut (Tol Laut) yang diluncurkan sejak tahun 2015 terus mengalami peningkatan dan perkembangan, baik dari segi trayek, jumlah muatan, maupun kapasitas.

Tahun 2022, Kementerian Perhubungan menetapkan 34 trayek Tol Laut melalui Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP – DJPL 8 Tahun 2022 tentang Perubahan Pertama Atas Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor : KP.998/DJPL/2021 Tentang Penetapan Jaringan Trayek Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Untuk Angkutan Barang Di Laut Tahun Anggaran 2022. Peningkatan jumlah trayek tersebut merupakan suatu capaian yang positif yang tentu harus didukung oleh seluruh instansi terkait, termasuk Pemerintah Daerah. 

Untuk mengetahui 34 tayek Tol Laut tersebut dapat dilihat pada tautan berikut :

https://hubla.dephub.go.id/storage/portal/documents/post/11152/sk_jaringan_trayek_tol_laut_2022.pdf

Untuk memberikan kemudahan dalam melakukan pemesanan dan melacak pengiriman barang, hingga memantau disparitas harga antar wilayah di Indonesia terutama pada daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP), Program Tol Laut telah disempurnakan dengan platform berbasis digital yaitu aplikasi “SiTolaut”. Dimana aplikasi Sitolaut ini sudah terintegrasi dengan aplikasi BRI Store oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang dapat mempermudah para pelaku usaha dan pengguna jasa melakukan transaksi secara online. 

Dengan sudah integrasi aplikasi Sitolaut dengan Bank BRI yang merupakan salah satu bank BUMN yang memiliki nasabah hingga pelosok daerah, diharapkan dapat memperluas informasi tentang tol laut kepada masyarakat khususnya para pelaku usaha di wilayah 3TP.

Aplikasi SiTolaut dan Portal BRI Store dapat dikunjungi pada tautan berikut : 

https://sitolaut.dephub.go.id/login

https://bristore.id/