Rabu, 15 Agustus 2018

KEMENHUB SERAHKAN BANTUAN 700 UNIT LIFE JACKET KEPADA OPERATOR KAPAL TRADISIONAL KENDAWANGAN


Share :
2945 view(s)

KENDAWANGAN (15/8) – Guna memastikan terpenuhinya aspek keselamatan pelayaran di wilayah Pelabuhan Kendawangan Kalimantan Barat, Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Kendawangan memberikan bantuan 700 (tujuh ratus) baju pelampung atau life jacket kepada para pemilik atau operator kapal tradisional dan para nelayan yang melakukan kegiatannya di wilayah pelabuhan Kendawangan dan sekitarnya. 


Penyerahan life jacket tersebut dilakukan pada acara sosialisasi keselamatan pelayaran dan lomba perahu hias sekaligus merayakan HUT RI ke-73 di wilayah Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang. 

Penyerahan life jacket tersebut dilakukan secara simbolis oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili oleh Kepala Distrik Navigasi Kelas III Pontianak Capt. Herman Pattiasina kepada 5 (lima) orang perwakilan pemilik atau operator kapal dan nelayan di pelabuhan Kendawangan yang disaksikan oleh stakeholder bidang pelayaran di Kecamatan Kendawangan.
WhatsApp Image 2018-08-15 at 11.09.35.jpeg
Dalam sambutannya yang dibacakan Kadisnav Kelas III Pontianak, Direktur Jenderal Perhubungan Laut mengatakan bahwa kegiatan  Sosialisasi Keselamatan Pelayaran yang dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 ini,  merupakan momentum yang sangat tepat guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus mengenang jasa para pejuang yang telah berjasa bagi kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia, melalui tindakan nyata yaitu dengan bekerja keras dan bertindak secara profesional di bidang masing-masing.

”Sosialisasi ini merupakan bentuk perwujudan dari upaya pemerintah untuk menyadarkan kembali seluruh lapisan masyarakat pengguna jasa transportasi laut, bahwa keselamatan dan keamanan pelayaran merupakan kebutuhan mutlak dan tanggung jawab bersama pemerintah selaku regulator, operator kapal dan masyarakat pengguna transportasi laut,” kata Capt. Herman.

Lebih jauh Capt. Herman mengatakan bahwa untuk mewujudkan terselenggaranya  keselamatan pelayaran termasuk keselamatan pelayaran kapal tradisional dan nelayan, Pemerintah terus berupaya membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya kepada pengguna jasa transportasi yang menggunakan perahu tradisional sebagai pengangkut  penumpang di seluruh wilayah perairan Indonesia termasuk di wilayah Kabupaten Ketapang dan sekitarnya.

“Salah satu bentuk nyata dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih menaati dan memahami keselamatan Pelayaran adalah melalui pemberian bantuan baju pelampung (life jacket) kepada para pemilik kapal tradisional dan para nelayan di wilayah Pelabuhan Kendawangan yang baru saja kita saksikan bersama,” ujar Capt. Herman.

Sementara Kepala Kantor UPP Kelas III Kendawangan, Capt. Herbert E Marpaung dalam laporannya mengatakan bahwa pemberian bantuan life jacket kepada para pemilik atau operator kapal dan para nelayan merupakan bagian dari rangkaian sosialisasi dan optimalisasi penyelenggaraan keselamatan pelayaran yang dilakukan oleh Kantor UPP Kelas III Kendawangan bersama mita kerja Guyub Rukun Maritim Kendawangan. 
WhatsApp Image 2018-08-15 at 11.09.37.jpeg
”Bantuan sebanyak 700 baju pelampung (life jacket)  ini berasal dari partisipasi stakeholder yang tergabung dalam Guyub Rukun Maritim Kendawangan sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap keselamatan pelayaran di pelabuhan Kendawangan dan sekitarnya,” tutup Capt Herbert.


  • berita




Footer Hubla Branding