Kamis, 2 Mei 2019

Penilaian Pandu Di Pelabuhan Kotabaru, Pastikan Kompetensi Personel 02/


Share :
2775 view(s)

KOTABARU - Penilaian Pandu di Pelabuhan Kotabaru, Batulicin, Kalimantan Selatan, dilaksanakan KSOP Kelas III Kotabaru Batulicin dilaksanakan mulai hari ini (2/5/2019).

Hal itu menurut Kepala KSOP Batulicin Capt. Hermawan dilakukan guna memastikan kompetensi personel Pandu di Pelabuhan.

"Peserta sebanyak 16 orang yang merupakan para Pandu yang selama ini ada di Pelabuhan Kotabaru dan dikelola oleh Pelindo dan beberapa BUP," tutur Capt. Hermawan.

Selanjutnya metode penilaian yang dilakukan antara lain dengan melakukan wawancara yang dilakukan Panel Assesor kepada Pandu secara bergantian. Kegiatan ini guna menggali dan mengetahui tingkat pengetahuan serta keterampilan dalam melakukan pemanduan kapal di pelabuhan.
WhatsApp Image 2019-05-02 at 15.00.08.jpeg
Para personel Pandu akan dinilai pemahamanny terkait ketentuan peraturan dan perundang-undangan di Seksi Keselamatan dan Keamanan Pelayaran. Selain itu juga Siapro/SOP yang dikeluarkan oleh Kantor KSOP sebagai pengawasan pemanduan.

"Penilaian lainnya terkait pemahaman tingkat kesulitan berlayar, dan manajemen kepelabuhanan," ungkapnya.

Dia menyatakan bahwa pada umumnya Pandu sudah memahami tugas dan fungsi di seksi pemanduan kapal. Hanya saja masih dibutuhkan pembinaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

"Tentu saja ini untuk peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pelayaran, khususnya di perairan wajib Pandu di Pelabuhan Kotabaru," imbuh Capt. Hemawan.


  • berita




Footer Hubla Branding