Selasa, 8 Agustus 2017

PELABUHAN BITUNG TERAPKAN APLIKASI INAPORTNET 08/08/2017


Share :
3123 view(s)

BITUNG - Pelabuhan Bitung siap laksanakan pelayanan secara on line melalui Aplikasi Inaportnet.  Acara peluncuran atau Go Live Aplikasi Inaportnet di Pelabuhan Bitung dilaksanakan pada hari ini Selasa, 8 Agustus 2017 oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Bay M Hasani. 

Hadir pada acara tersebut para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut serta stakeholders di bidang pelayaran di Propinsi Sulawesi Utara.


Menurut Dirjen Hubla, Penerapan Inaportnet di Pelabuhan saat ini  bertujuan untuk meningkatkan  pelayanan kapal di pelabuhan agar dapat melayani secara cepat, terpercaya,  transparan,   dan terstandar serta  biaya yang minimal sehingga dapat meningkatkan daya saing pelabuhan di Indonesia.  

 “Penerapan Inaportnet di Pelabuhan telah menjadi Quick Win Menteri Perhubungan, yang harus diterapkan di 16 (enam belas) pelabuhan di Indonesia dan pada tahap awal di 4 (empat) Pelabuhan Utama Makassar, Belawan, Tanjung Perak dan Tanjung Priok yang sudah diterapkan pada tahun 2016. Dan saat ini Pelabuhan  Bitung yang pertama melakukan Go Live di Tahun 2017,” ujar Dirjen Hubla.


Penerapan Inaportnet di Pelabuhan didukung oleh beberapa Sistem yakni Sistem Informasi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (SIMLALA), Sistem Kapal Online, Aplikasi Sertifikasi Pelaut, Sistem Informasi Kepelabuhanan, dan Sistem yang ada pada Badan Usaha Pelabuhan (BUP). 


Inaportnet dapat berjalan apabila sistem pendukungnya handal dan terintegrasi  dengan baik, sehingga seluruh sistem harus dibangun dan dikembangkan secara bersinergi dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.


Lebih jauh Dirjen Tonny mengatakan bahwa pelaksanaan Go Live Aplikasi Inaportnet di Pelabuhan Bitung merupakan bentuk kesungguhan dan komitmen Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam mewujudkan penerapan Inaportnet di Pelabuhan. Oleh karena itu Dirjen meminta agar semua pihak terkait di Pelabuhan Bitung dapat mendukung dan melaksanakan komitmen ini serta menindaklanjuti dengan usaha keras kita bersama. 
IMG-20170808-WA0019.jpg

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Hubla menegaskan kembali kembali kepada Para Direktur di Lingkungan Ditjen Perhubungan Laut dan Jajarannya  bersama dengan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementerian Perhubungan untuk bersama-sama bekerja keras mewujudkan pembangunan dan pengembangan Aplikasi Inaportnet, SIMLALA, SIM Kapal, SIM Kepelabuhanan yang handal dan terintegrasi dengan Aplikasi Inaportnet. 


Begitu juga Kepada PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) selaku Badan Usaha Pelabuhan di Pelabuhan Bitung agar membangun dan mengembangkan Sistem Pelayanan Kapal dan Barang di Pelabuhannya yang andal dan sinergi serta terintegrasi dengan sistem-sistem di Kementerian Perhubungan. 


Dirjen Tonny juga berpesan kepada Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Bitung agar melaksanakan penerapan Inaportnet di Pelabuhan secara konsisten. 

Dirjen Tonny juga meminta kepada para pengguna jasa Kepelabuhanan meliputi Perusahaan/Agen Pelayaran (AP), Perusahaan Bongkar Muat (PBM) dan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) agar mulai menggunakan pelayanan kapal dan barangnya melalui Inaportnet setelah Go Live Inaportnet di Bitung ini dilaksanakan.


“Saya percaya dan yakin dengan kerja keras dan sungguh-sungguh dari semua pihak terkait di pelabuhan, maka Penerapan Inaportnet di Pelabuhan sesuai dengan yang kita harapkan dapat terwujud dengan baik,” tutup Dirjen Tonny. 



  • berita




Footer Hubla Branding