Sabtu, 9 Juni 2018

KEMENHUB LEPAS KAPAL PERDANA MUDIK GRATIS SEPEDA MOTOR DENGAN KAPAL LAUT


Share :
3272 view(s)

JAKARTA (9/6) - Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melepas kapal perdana mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut hari ini (9/6) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Syahbandar Utama Tanjung Priok, Capt. Sudiono melepas keberangkatan kapal KMP. Dobonsolo milik PT. PELNI yang mengangkut 1.228 orang pemudik dan 571 unit sepeda motor menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

"Sore ini, kami melepas kapal Dobonsolo tujuan Semarang yang membawa para pemudik dan sepeda motor yang merupakan pelaksanaan perdana mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut," kata Sudiono seusai pelepasan kapal KM. Dobonsolo di Dermaga Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok.

Lebih lanjut, Sudiono menyebutkan animo masyarakat yang menggunakan kapal sebagai sarana mudik cukup tinggi ketimbang tahun lalu.
IMG-20180609-WA0101.jpg
Hingga H-6 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018, kuota mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang digagas Kementerian Perhubungan telah mencapai 78.57 persen untuk arus mudik.

"Hal tersebut sangat menggembirakan mengingat Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menargetkan 60 persen dari kuota yang tersedia untuk para pemudik gratis sepeda motor dengan kapal laut di tahun 2018," ujar Sudiono.

Selain itu, Sudiono juga mengatakan bahwa masyarakat  yang memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tersebut juga dimanja oleh Pemerintah dengan menyediakan kapal baru berikut dengan fasilitasnya untuk mengangkut para pemudik dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
IMG-20180609-WA0100.jpg
"Total ada 16 unit kapal yang akan melayani mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dan sebagian diantaranya merupakan kapal baru milik Kementerian Perhubungan. Selain kapal baru, fasilitas yang ditawarkan juga diperuntukan untuk masyarakat seperti mendapatkan dua kali makan dan berhadiah sepeda motor bagi para pemudik," ujar Sudiono.

Adapun 16 unit kapal tersebut terdiri dari 1 unit kapal KM. Dobonsolo, 10 unit kapal Perintis Sabuk Nusantara tipe GT 2000 dan GT 1200 serta 5 unit kapal ternak yang mampu menampung 700 unit sepeda motor.

"Selanjutnya besok kapal mudik gratis akan terus diberangkatkan hingga tanggal 13 Juni 2018 nanti. Kita akan terus berikan yang terbaik bagi masyarakat khususnya para pemudik sehingga mereka dapat mudik dengan guyub rukun juga bahagia," tutup Sudiono.


  • berita




Footer Hubla Branding